Tokopedia Dukung UMKM Lewat Teknologi Besutannya

0
UMKM

Gadgetdiva.id — Sambut Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2022 ini, Tokopedia terus ciptakan tekonologi untuk dukung para UMKM dalam platformnya. Termasuk juga berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Salah satu inisatif yang telah dihadirkannya ialah Hyperlocal. Dimana mengusung teknologi geo-tagging guna dekatkan penjual dan pembeli setempat. Sehingga, seluruh UMKM bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang.

Seperti yang telah berhasil dihadirkannya dalam laman, yakni Kumpulan Toko Pilihan (KTP). KTP ini berisi kurasi produk UMKM setempat berdasarkan lokasi penggunanya.

“Deretan inisiatif tersebut berdampak positif. Selama semester I 2022 dibandingkan dengan periode yang sama di 2021, Mempawah, Lampung Barat dan Lombok Utara adalah beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi,” kata VP of Marketplace Tokopedia, Yudhiaji Kusuma melalui acara media briefing virtual, Kamis (11/8).

Sebelum merumuskan inisiatif atau inovasi, yang sesuai dengan kebutuhan sekitar 12 juta penjual di Tokopedia dan telah dijelaskan di atas, Tokopedia melakukan riset komprehensif lewat tim yang dipimpin oleh Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto.

UMKM

Kolaborasi Tokopedia dan Pemerintah untuk dukung pertumbuhan UMKM

Tak hanya itu, Tokopedia juga turut bekerja sama dengan berbagai pihak untuk dukung para UMKM tersebut. Mulai dari KemenKopUKM RO, Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dalam memberi sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia. Serta, Digitalisasi Warung dan Kelas Akeselerasi.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di tanah air. Tiga tahun ke belakang berjuang bersama menghadapi tantangan pandemi, kita memahami pentingnya UMKM untuk mengoptimalkan ekosistem digital, bukan hanya untuk bertahan, namun pulih dan semakin kokoh sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional,” kata Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

UMKM

Jumlah UMKM yang telah bertransformasi digital pun terus meningkat. Seperti yang diungkap oleh Teten, dimana terjadi peningkatan jumlah UMKM yang bertransformasi digital sebagai fondasi bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital.

Pihaknya juga memperkirakan bahwa tahun 2030 jumlah ini akan terus meningkat sehingga bisa mencapai Rp4,531 triliun. Juni 2022 lalu, KemenKopUKM telah mencatat bahwa sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4% dari total UMKM telah hadir pada platform e-commerce.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan