Family

Kampanye #IniBaruJuara Ruangguru Ajak Masyarakat Maknai Arti Prestasi

post-img

Source : gadgetDiva

Ruangguru baru saja meluncurkan kampanye #IniBaruJuara yang diresmikan hari ini (4/1) secara virtual. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk memaknai kembali arti prestasi. Tentunya dengan pola pikir pro-growth.

Dalam acara tersebut, Ruangguru mengungkap riset yang mereka lakukan terhadap 30+ responden dari seluruh Indonesia guna memahami aspirasi dan persepsi masyarakat terhadap makna pendidikan dan presatasi. Riset ini menjadi dasar dari hadirnya kampanye #IniBaruJuara.

RuangguruFoto: Ruangguru

Riset menunjukkan bahwa mayoritas responden meyakini pendidikan merupakan kunci jaminan masa depan yang lebih sejahtera dan tidak terbatas hanya pada pencapaian akademis. Sehingga, motivator dan inspirasi justru datang dari teman kelas yang mampu menyeimbangkan kesenangan dan tanggung jawab akademis.

Sebagian responden menyatakan bahwa makna juara bagi mereka sendiri adalah saat mampu untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup mereka. Salah satunya adalahmeraih rangking 1 di kelas mereka.

Namun, mayoritas responden juga menggap bahwa sistem pendidikan terkadang memiliki keberpihakan kepada pelajar dengan rangking atas. Padahal, mereka senang dengan pendidik yang dapat merangkul semua pelajar dan mengajarkan materi secara menyenangkan.

“Melalui kampanye  #IniBaruJuara, Ruangguru menegaskan bahwa pendidikan berkualitas, tidak berjarak, dan  fleksibel harus menjadi hak semua siswa. Kami mengerti bahwa kesuksesan dan prestasi  memiliki keanekaragaman makna, dan senantiasa dijadikan sebagai cerminan atau refleksi  nilai diri setiap pribadi. Oleh karena itu, fungsi nilai akademis dan ranking seharusnya hanya  sebatas tolok ukur pemahaman materi dan menjadi landasan strategi sistem pendidikan  dalam mengatur program studi, dan bukan sebagai patokan penilaian kesuksesan dan  standar prestasi siswa yang bersifat final,” ujar Ignatius Untung Surapati, selaku VP Marketing Ruangguru. 

Sejalan dengan kampanye #IniBaruJuara, Ruangguru telah mempersiapkan ajang interaktif  yang seru dan bermanfaat bagi pelajar dan anak muda Indonesia, yaitu Ruangguru Youth  Summit – konferensi bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk mendapatkan  inspirasi dalam memaknai perjuangan dan kesuksesan dari berbagai tokoh inspirasional  dengan beragam latar belakang dan industri. Konferensi ini akan diadakan pada tanggal 29-30 Januari 2022 secara virtual. Registrasi dapat dilakukan melalui situs ini.

Hadir dalam peluncuran kampanye virtual, Nicholas Saputra, selaku Duta Belajar Ruangguru merasa bahwa relevansi terhadap epsan kampanye ini berdasarkan pengalamannya. Ia melihat begitu banyak pihak yang masih mendefinisikan presasi sebagai pencapaian signifikan yang hanya diukur dari nilai akademis.

 “Sejak saya di  bangku sekolah hingga sekarang, masih banyak pihak yang memandang prestasi akademis  sebagai tolok ukur utama dan cerminan nilai diri. Itulah sebabnya, ketika nilai ujian kurang  baik, semangat pelajar rentan patah. Tetapi, pesan kampanye ini menegaskan pentingnya  pendidikan yang inklusif untuk mencerdaskan anak bangsa. Makna belajar adalah proses  pengenyaman ilmu dan keterampilan untuk menjadi versi diri yang lebih baik dari sebelumnya, oleh karena itu, seharusnya setiap pencapaian, baik besar ataupun kecil, patut diakui dan  dihargai,” jelas Nicholas Saputra. 

Pola pikir ini pun diamini oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja,  “Orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam membantu menanamkan pola pikir pro growth sejak dini kepada anak-anak, sehingga makna kesuksesan dan prestasi diukur dari  setiap pencapaian apa pun demi kebaikan diri. Orang tua dan pendidik patut menuntun anak anak sehingga dapat menanamkan pola pikir yang mengakui segala bentuk pencapaian,  bukan hanya demi kebaikan diri tetapi juga untuk membangun rasa percaya diri mereka.  Sehingga perlahan-lahan, pencapaian signifikan pun memiliki makna yang lebih mendalam.”

“Ruangguru juga mengajak semua siswa untuk terus memacu diri dalam menciptakan  perubahan yang lebih baik. Kampanye ini turut menyoroti dan merayakan setiap pelajar dari  latar belakang majemuk tanpa terkecuali, yang mau berjuang demi kemajuan sekecil apa pun,  di segala kondisi dan tantangan, untuk menjadi versi diri yang lebih baik,” tutup Untung.

Baca juga, 5 Ide Seru Tahun Baruan di Rumah Ala Tokopedia


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024
Family

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024

ALDO hadirkan teknologi Pillow Walk di koleksi Spring 2024 untuk kenyamanan dan gaya optimal bagi pa..

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro
Family

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro

Gadgetdiva.id — Xiaomi sudah menjelma menjadi produsen AIOT yang cukup besar. Tak hanya jua..

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial
Family

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial

Gadgetdiva.id — Sebuah panel utusan Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut bahwa negara..

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup
Family

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup

Gadgetdiva.id — Samsung Electronics Co, Ltd telah menggemparkan dunia dengan peluncuran jaj..

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber
Family

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber

Gadgetdiva.id — Berbarengan dengan momen Ramadan, XL Axiata lewat XL Prabayar memperkenalka..


;