Perkenalkan, Ballie si Robot Bola Tenis ala Samsung

Samsung Ballie. Mungkin itu lebih tepatnya panggilang bola tenis yang imut ini. Si kuning ini bukan bola tenis biasa, melainkan sebuah robot yang bisa berjalan dan melakukan apa yang diminta pemiliknya.

Namanya memang Ballie, dari bahasa Inggris Ball atau Bola. Diberi sebutan li di belakangnya biar kesannya manja gitu. Mirip sweetie, Honey, dan ini Ballie. Si bundar kecil ini diperkenalkan Samsung saat ajang Consumer Electronics Show 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

co-CEO Samsung, H.S Kim mengatakan jika Ballie bisa mengikuti perintah pemiliknya. Dia juga bisa menemani majikannya kemana saja. Dari sebuah bola yang menggelinding, Ballie bisa bereaksi dan membantu pemiliknya.

Samsung Balie
Cnet

“Robot memang bisa menjadi teman manusia. Ballie memahami anda, mendukung apa yang anda lakukan dan bisa bereaksi atas perintah yang bisa meringankan beban kerja anda di rumah,” kata Kim.

Ternyata di dalam Ballie ada sebuah teknologi yang disematkan, yakni artificial intelligence. Ballie bisa menjadi asisten atau remote control dengan adanya teknologi tersebut. Dipastikan Samsung Ballie bisa menjadi teman dari anak-anak atau sekedar hewan peliharaan.

“Kami membuat Ballie tak hanya sekedar sebuah robot. Baliie akan menjadi teman siapa saja, termasuk anak-anak. Dia juga bisa menjadi album keluarga,” kara Kepala Riset Samsung, Sebastian Seung.

Album keluarga yang di maksud karena Ballie dilengkapi dengan kamera untuk bisa menangkap momen, baik gambar maupun video.

Seung mengungkap jika ke depannya teknologi akan lebih personal dan masuk ke era Age of Experience. Saat itu, konsumen akan mencari perangkat yang bisa membantu mereka melakukan hal-hal yang lebih berarti, ketimbang membeli gadget baru untuk gengsi atau menunjang penampilan.

“Tentu saja kami ingin Ballie menjadi menyenangkan, pintar dan membantu. Tapi kami juga ingin Ballie bisa menjaga rahasia. Kami ingin AI yang bisa dipercaya,” katanya.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.