Bagi-bagi Bir Heineken Gratis, Hati-hati Pesan Hoax di WhatsApp

0
heineken dan whatsapp hoax

Diva says – Heineken dan Whatsapp Hoax. Mayoritas pengguna WhatsApp pasti pernah mendapatkan pesan hoax. Biasanya pesan hoax ini berisi iming-iming hadiah atau berupa link untuk di klik dan dianjurkan agar kembali mengirimkan pesan atau link ke sejumlah pengguna WhatsApp lainnya.

Dilansir Express.co.uk, baru-baru ini nama perusahaan besar yang dipakai adalah produsen minuman beralkohol, Heineken. Pesan hoax tersebut berupa sebagai berikut:

“Dalam rangka ulang tahun ke-140, Heineken memberikan secara gratis 4 barel (5 liter) bir untuk kamu. Klik http://heineken.com-xxxxx dan sebarkan pesan ini.”

Pesan hoax ini menawarkan asupan bir gratis dari heineken dengan cara mengklik link yang dikirimkan. Link yang disertakan pesan hoax tersebut diklam sebagai situs resmi Heineken.

Kepolisian Amerika menanggapi hal ini dengan memberikan himbauan kepada para pengguna aplikasi WhatsApp, untuk tidak langsung mengklik link tersebut. Karena jika pengguna sekali mengklik link pada pesan hoax yang masuk, si hacker ini akan mengambil data-data beserta profil pribadi pemilik aplikasi WhatsApp agar berpindah tangan.

Gak cuma itu, jika link sudah diklik secara otomatis WhatsApp akan mengirimkan pesan hoax tersebut ke 20 pegguna lainnya yang terdaftar di kontak whatsApp.

Sebelumnya hal serupa juga pernah menimpa perusahaan sepatu kelas dunia nih, yaitu Adidas. Pesan hoax ini berisakan bahwa dalam rangka merayakan ulang tahun Adidas ke-93, 3.000 pasang sepatu akan dibagikan kepada mereka yang beruntung.

Mengetahui hal ini, pihak Heineken mengklarifikasi berupa himbauan untuk tidak mengklik link yang disertakan pada pesan hoax tersebut.

“Ini jelas-jelas scam (penipuan). Pesan itu tidak berasal dari Heineken. Segala bentuk promosi yang benar akan kami umumkan di saluran sosial media resmi kami. Kami sarankan kalian untuk tidak mengklik link tersebut, tidak membagikan data pribadi atau menyebar ulang pesan tersebut. Silakan menghubungi kami, jika ada hal mencurigakan mengatasnamakan Heineken,” tulis pihak Heineken.

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan