News

MotoGP Mandalika Buktikan Potensi Besar 5G Telkomsel

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — 5G Telkomsel ternyata memiliki potensi besar untuk berkembang. Telkomsel sukses memastikan hadirnya akses broadband berteknologi terdepan yang prima dalam menunjang aktivitas digital masyarakat dan pengunjung selama gelaran MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit, Lombok – Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Selama gelaran balap motor internasional tersebut, total payload trafik komunikasi layanan broadband Telkomsel secara keseluruhan mencapai lebih dari 297 TB (Terabyte) atau melonjak hingga 96 persen dibanding hari biasa. Sedangkan, khusus untuk layanan data jaringan 5G Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 7815 persen.

5G TelkomselLayanan Telkomsel Mandalika

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya optimalisasi jaringan broadband terdepan melalui penguatan 382 unit BTS 4G/LTE termasuk tambahan 16 unit BTS 5G, yang telah melayani kebutuhan akses komunikasi masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah guna mengawal lonjakan trafik layanan data selama perhelatan MotoGP 2022 berlangsung di Mandalika.

“Kami mengapresiasi seluruh dukungan para pemangku kepentingan terutama seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Barat sehingga Telkomsel dapat memberikan layanan telekomunikasi terdepan yang dapat semakin #BukaSemuaPeluang kemajuan serta menguatkan komitmen dalam melanjutkan percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat, sekaligus membangkitkan potensi ekonomi dan pariwisata lokal melalui pemanfaatan teknologi,” kata Nugroho, dalam keterangannya, kemarin.

Layanan Telkomsel Mandalika_4Layanan Telkomsel Mandalika

5G Telkomsel di MotoGP Mandalika

Untuk di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, tempat berlangsungnya MotoGP 2022, Telkomsel juga mencatat terjadi lonjakan kunjungan pelanggan dari berbagai daerah mencapai lebih dari 27 persen. Sedangkan kunjungan pelanggan Telkomsel dari berbagai wilayah ke Lombok, secara keseluruhan meningkat hingga 11 persen, dengan total mencapai lebih dari 76 ribu pengunjung dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Pertumbuhan tersebut turut didukung dengan tinggi minat wisatawan mancanegara yang menggunakan layanan kartu Telkomsel Prabayar Tourist dan turut mendorong tumbuhnya pengguna layanan 4G/LTE Telkomsel mencapai lebih dari 123 persen dan layanan 5G Telkomsel hingga 3900 persen.

Selama gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, sebanyak lebih dari 30 ribu wisatawan mancanegara memanfaatkan layanan roaming dari Telkomsel. Kehadiran wisatawan mancanegara tersebut merupakan para wisatawan, pebalap, kru tim balap, dan panitia acara yang didominasi dari negara Hongkong, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, dan Malaysia.

Telkomsel sendiri juga baru saja meraih empat penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2021. Keempat penghargaan yang diraih yaitu Fastest Mobile Network (akses mobile broadband tercepat), Best Mobile Coverage (jangkauan jaringan broadband terluas), Top-Rated (operator yang paling dipilih pengguna), dan Best Mobile Network (kecepatan mobile broadband terbaik dengan jangkauan terluas). Seluruh pencapaian tersebut menjadi pendorong bagi Telkomsel untuk terus secara konsisten menghadirkan kapabilitas jaringan broadband terdepan dan merata di Indonesia, termasuk di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Telkomsel memastikan seluruh penguatan infrastruktur dan teknologi jaringan terdepan yang telah dihadirkan di Mandalika selama gelaran MotoGP 2022, akan terus dilanjutkan dan semakin diperkuat, terutama di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Komitmen tersebut merupakan bagian dari konsisten kami untuk terus mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terdepan yang merata dan berkualitas prima yang setara hingga pelosok negeri. Kami sangat antusias untuk terus menghadirkan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Barat, agar dapat terus bangkit mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.”


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!
News

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!

OPPO mengajak lima pemain sepak bola terbaik Indonesia untuk bermain melawan tim legenda UEFA Champi..

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI
News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penye..

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia
News

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia

BRIN mengembangkan teknologi satelit untuk mendeteksi ladang ganja di Indonesia, mendukung pengawasa..

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..


;