News

Tak Ada Lagi *123#, Nomor CS XL Axiata Jadi *808#

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Nomor CS XL Axiata atau nomor layanan pelanggan (customer service) operator telekomunikasi asal Malaysia itu berubah menjadi *808# dari sebelumnya *123#. Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah untuk menggunakan layanan pelanggan dengan nomor awal 8.

Perubahan nomor CS XL Axiata ini efektif berlaku mulai 1 Februari 2023. Sosialisasi terus dilakukan oleh XL Axiata selama masa transisi 1 Februari – 1 April 2023 melalui berbagai sarana komunikasi kepada pelanggan karena pengguna UMB juga masih cukup besar.

Migrasi nomor CS XL Axiata ini berdasarkan Peraturan Menteri (PM Kominfo) No 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD *8XY#.

“XL Axiata senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk terkait penggunaan USSD. Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB (USSD Menu Browser) saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya. Jadi hanya perpindahan dari *123# menjadi *808#,” kata Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa, dalam keterangan resminya, Kamis, 2 Februari 2023.

nomor cs xl axiata

Nomor CS XL Axiata

Menurut Alfons, layanan pelanggan UMB *123# selama ini digunakan oleh pelanggan untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata. Saat ini meskipun pembelian produk dan pengecekan pulsa juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, tetapi ternyata masih cukup banyak pelanggan yang tetap menggunakan UMB tersebut. Karena itu, hingga saat ini keberadaan UMB tetap disediakan, dan mulai 1 Februari 2023 berlaku UMB *808#.

Selain melalui UMB *808#, XL Axiata menyediakan alternatif layanan pelanggan yang lebih mudah diakses melalui aplikasi, yaitu myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, dan AXISnet untuk pelanggan AXIS. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Playstore atau App Store.

USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator selularnya. Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan. Selama beberapa tahun terakhir, pelanggan XL Axiata bisa mengakses sejumlah informasi layanan baik produk, pembelian pulsa, juga cek penggunaan pulsa atau kuota data melalui UMB *123#. Per 1 Februari 2023, layanan tersebut dialihkan ke UMB *808#.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?
News

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?

Pemerintah Indonesia dan Elon Musk meresmikan Starlink untuk beroperasi di Indonesia pada Minggu (19..

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas
News

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk resmi menghadirkan Starlink di Bali pada Minggu (19/5) kema..

Elon Musk Sudah Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink
News

Elon Musk Sudah Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink

Elon Musk tiba di Bali untuk meresmikan layanan internet satelit Starlink, yang akan merevolusi akse..


;