News

Samsung Tech Institute Gelar Ujian Kompetensi Keahlian di Puluhan SMK

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Samsung Tech Institute (STI) memfasilitasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Hand Held Product (HHP) yang diikuti oleh ribuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 12 siswa program STI.

Para peserta yang dinyatakan kompeten sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh akan mendapatkan sertifikat kelulusan Program STI.

Promo Ramadan Di Toko Online Samsung Diskon hingga 30%

UKK HHP 2023 dilaksanakan dari tanggal 9 Maret 2023 hingga 13 April 2023 mendatang. Berbeda dengan pelaksanaan UKK pada 2022 yang hanya berfokus pada kompetensi teknisi HHP, tahun ini Program STI menambahkan pilihan untuk promotor HHP.

Para peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti salah satu kompetensi yang ditawarkan atau keduanya.

Total peserta mendaftar UKK HHP tahun ini adalah sebanyak 1.156 siswa dari 37 SMK di berbagai daerah di Indonesia, terdiri dari 816 siswa yang mengikuti UKK teknisi HHP, 227 siswa mengikuti UKK promotor HHP, dan 113 siswa mengikuti UKK HHP teknisi dan promotor.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, mengatakan penyelenggaraan UKK untuk peserta SMK STI adalah kelanjutan komitmen Samsung untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya untuk mencetak tenaga teknisi dan promotor yang mumpuni dan dibutuhkan industri.

Pelaksanaan UKK HHP dilaksanakan dengan ujian teori dan praktik sehingga betul-betul melahirkan lulusan SMK STI yang piawai secara teori dan praktik.

Untuk ujian teori, para peserta dalam waktu 60 menit harus menjawab 25 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan 30% kategori mudah, 40% kategori sedang, dan 30% HOTS (High Order Thinking Skill).

Sedangkan untuk ujian praktik, akan diuji langsung oleh tim dari BBPPPMPVP BOE (Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika) Malang di bawah naungan KEMENDIKBUD RISTEK, tim Support Teknisi dari Samsung Service Center, dan tim Retail dari Mobile Xperience Samsung.

Untuk UKK teknisi HHP, bahan prakteknya adalah SUB Printer Board Assembly (SUB PBA) yang disupport oleh Samsung Service Center yang terdekat dengan sekolah mereka.

Sementara untuk UKK promotor dilakukan langsung oleh tim Galaxy Master Samsung terdekat dari lokasi sekolah.

1Hingga saat ini Program STI telah memiliki total 75 SMK penerima manfaat yang terdiri dari 10 STI Pilot dan 65 STI Mandiri. STI Mandiri adalah sekolah yang berinvestasi sendiri untuk menerapkan kurikulum STI bekerja sama dengan Samsung.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

CEO TikTok Disidang Kongres Amerika Serikat Sampai 5 Jam
News

CEO TikTok Disidang Kongres Amerika Serikat Sampai 5 Jam

Gadgetdiva.id — Aplikasi TikTok dilarang dibeberapa negara besar dunia. Salah satunya Amer..

Promo Ramadan Di Toko Online Samsung Diskon hingga 30%
News

Promo Ramadan Di Toko Online Samsung Diskon hingga 30%

Gadgetdiva.id – Samsung kali ini menghadirkan berbagai penawaran menarik seperti diskon hin..

Hyundai Mobile Charging Sapa Warga Medan
News

Hyundai Mobile Charging Sapa Warga Medan

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperluas jaringan layanan Mobile Charging ke Kota Medan, Sum..

Sambut Ramadan, XL Hadirkan Diskon Paket Internet Hingga 70%
News

Sambut Ramadan, XL Hadirkan Diskon Paket Internet Hingga 70%

Gadgetdiva.id – Menyambut bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini PT XL Axiata (XL Axiata) deng..


;