News

Idul Fitri 2023, Akses Medsos di Jaringan Indosat Naik 45%

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat adanya kenaikan trafik data selama libur lebaran Idul Fitri 20223. Lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

Indosat telah mempersiapkan diri menghadapi periode libur Lebaran tahun ini dengan meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat dan regional, serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima. Sebagai tambahan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi di jaringan Indosat.

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia

SVP – Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengatakan, “Keberhasilan ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik dengan para mitra kami dalam memberikan marvelous experience kepada seluruh pelanggan Indosat. Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan Indosat terintegrasi yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat.”

jaringan indosat

Jaringan Indosat Selama Ramadan dan Idul Fitri 2023

Dalam periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45%, messaging dan video call naik 28%, mobile gaming naik 14%, serta streaming video dan musik naik 10% dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Tercatat pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.

Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15% di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Melalui analisa yang berdasarkan data statistik di masa libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.

Berbagai aktivitas peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik. Untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis. Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari, 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan.

Pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadan tahun ini juga naik dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran. Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam berbagai program dan promosi menarik yang ada di aplikasi tersebut. Trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga menunjukkan tren kenaikan yang sama di bulan Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini. Hal tersebut mengindikasikan tren pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan Indosat dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%
News

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%

Kenaikan trafik layanan data sebesar 43% menunjukkan betapa pentingnya upaya Telkomsel dalam memasti..

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia
News

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia

Melalui kolaborasi ini, Smartfren berencana membawa inovasi terkini yang dapat mendukung perkembanga..

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!
News

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!

OPPO mengajak lima pemain sepak bola terbaik Indonesia untuk bermain melawan tim legenda UEFA Champi..

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI
News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penye..


;