News

Jelang KTT ASEAN 2023, Telkom Fokus Siapkan Infrastruktur di Labuan Bajo

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Sebagai wujud komitmen dan kesiapan dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pada Rabu pagi (3/5) telah melaksanakan Apel Kesiapan Satgas KTT ASEAN 2023 TelkomGroup yang dipimpin langsung oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko.

Bertempat di Kantor Telkom Labuan Bajo, kegiatan apel dihadiri oleh karyawan dan teknisi yang bertugas untuk mengawal pengamanan infrastruktur dan layanan TelkomGroup selama puncak konferensi negara-negara ASEAN berlangsung.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan bahwaTelkom telah menyiapkan infrastruktur termasuk backupnya serta layanan telekomunikasi yang siap memenuhi kebutuhan hingga lonjakan trafik di hari H nanti.

Secara umum, Telkom telah melakukan pengamanan sistem komunikasi kabel laut, mempersiapkan BTS Telkomsel dengan coverage 4G dan 5G, serta peningkatan kapasitas bandwidth.

Persiapan jaringan yang dilakukan dari sisi Telkom sudah diselesaikan namun masih memerlukan proses untuk integrasi dengan venue-venue krusial dalam penyelenggaraan ini, seperti venue utama, media center, dan lainnya.

Telkom telah menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui kabel optik laut, kabel optik darat, dan radio microwave dengan total kapasitas bandwidth 70 Gbps serta jalur yang beragam dan saling backup.

Selain itu, terdapat 48 Base Transceiver Station baik 4G maupun 5G milik Telkomsel yang siap melayani lebih dari 70 ribu pengguna, 209 access point, dan 3 Satellite News Gathering (SNG). Sementara untuk venue utama KTT ASEAN 2023 sendiri telah dilengkapi dengan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 2×10 Gbps.

KTT ASEAN 2023

Keseluruhan layanan ini akan didukung oleh 300 personel baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama event akbar ini berlangsung.

Kesiapan TelkomGroup dalam menggelar layanan jelang KTT ASEAN 2023 diapresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate bersama Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko saat mengunjungi Network Operation Center (NOC) TelkomGroup Labuan Bajo tepat sebelum pelaksanaan apel. NOC ini merupakan posko sekaligus pusat pengawalan seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup untuk KTT ASEAN 2023.

Dalam sambutannya, Menkominfo mengatakan bahwa infrastruktur digital merupakan salah satu bagian dari showcase Indonesia pada saat KTT ASEAN 2023 nanti melalui pengalaman langsung yang dirasakan para pemimpin dan delegasi yang hadir.

“Performa prima dari infrastruktur telekomunikasi sangat kita butuhkan. Ini adalah showcase kita untuk keberhasilan pembangunan dalam sektor telekomunikasi dan digital. Mari kita sukseskan,” ujar Menkominfo.

Menkominfo juga berpesan agar Telkom mengantisipasi force majeur bencana alam dengan memperhatikan jalur backup infrastruktur.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia
News

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia

BRIN mengembangkan teknologi satelit untuk mendeteksi ladang ganja di Indonesia, mendukung pengawasa..

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei
News

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

aMAYzing menyediakan beragam varian promo khusus untuk sektor usaha perhotelan dan pendidikan. Mulai..

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o
News

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o

Pendapatan OpenAI melonjak usai memperkenalkan GPT-4o, jumlah unduhan meningkat pesat dan banyak yan..


;