News

Qualcomm Sebut Hybird AI Bakal Jadi Masa Depan Teknologi

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Perusahaan pemilik Snapdragon, Qualcomm menyatakan bahwa Hybird Artificial Intelligence (AI) akan menjadi masa depan dari perkembangan teknologi. Apa sih sebenarnya Hybrid AI tersebut?

Menurut penjelasan Country Director Qualcomm Indonesia Shennedy Ong, Hybird AI merupakan tekonologi AI besutan Qualcomm yang menggabungkan antara pemrosesan AI di cloud dengan perangkat. Sehingga, menghasilkan komunikasi yang mulus antara Cloud dan perangkat Edge.

“Inilah yang kita namakan Hybird AI karena semua yang ada di cloud untuk prosess input, mereka pasti butuh semua perangkat yang di edge ini untuk cloud,” pungkas Shennedy dalam acara Snapdragon Academy 2023: The Future of AI is Hybird di Jakarta, Rabu (21/6).

Qualcomm sendiri sudah mebuat sebuah One Technology Road Map yang akan digunakannya untuk mengembangkan Hybird AI tersebut. Teknologi tersebut terdiri atas connectivity, CPU processing, GPU Graphic dan masih banyak lagi.

Semua teknologi tersebut akan dibawa ke cloud supaya dapat memberi “kepintaran” kepada perangkat yang ada. Mulai dari perangkat wearable, hearable hingga perangkat XR dan VR/AR.

Lebih lanjut, Hybird AI sendiri juga dapat memungkinkan generative AI untuk menghasilkan karya digital pada perangkat. Teknologi ini akan secara otomatis juga dapat melakukan penilaian kapan proses generative AI dapat berlangsung di perangkat maupun cloud. Penilaian tersebut didasarkan pada efisiensi dan kebutuhan kecepatan dalam pengambilan data atau keputusan.

Hybird AI sendiri memiliki beragam manfaat. Di antaranya ialah meningkatkan kemampuan analisis data pada perangkat yang melahirkan banyak inovasi, mendorong transformasi digital pada berbagai sektor dan melindungi dari kebocoran data karena data hanya berada di perangkat.

Adapun dampak yang dapat diberikan oleh Hybird AI terhadap transformasi digital. Salah satu contohnya di pabrik, dengan adanya teknologi AI ini pabrik tak perlu lagi memerlukan intervensi manusia.

Hybird AI

Di samping itu, Shennedy turut menyampaikan pendapatnya terkait tantangan adopsi AI di Indonesia. Menurut dia, tantangannya ialah minimnya developer lokal yang berfokus pada pengembangan di bidang AI.

“Sekarang ini memang tantangannya adalah belum banyak developer yang fokus di bidang AI,” pungkas dia.

Oleh sebab itu, menurut Shennedy, Indonesia masih memerlukan developer lokal untuk berkontribusi dalam pengembangan AI tersebut. Mereka bisa memanfaatkan platform yang sudah ada maupun merancang sendiri platform yang mereka inginkan.

Qualcomm sendiri telah menyediakan AI Stack, yakni sebuah wadah untuk mencetak developer lokal. Di sini, para developer lokal dapat merancang sendiri desain platform yang berhubungan dengan AI dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Qualcomm.

“Jadi ke depannya mungkin kita bisa berharap akan lebih banyak lagi developer di Indonesia yang ingin mengembangkan platform AI menggunakan Qualcomm AI Stack,” tutup dia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei
News

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

aMAYzing menyediakan beragam varian promo khusus untuk sektor usaha perhotelan dan pendidikan. Mulai..

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o
News

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o

Pendapatan OpenAI melonjak usai memperkenalkan GPT-4o, jumlah unduhan meningkat pesat dan banyak yan..

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo
News

Indosat Ooredoo Hutchison Menuju AI Native TechCo

Indosat terus berkomitmen dalam ekspansi jaringan berbasis teknologi untuk mendukung transformasi me..


;