News

Siap Beberes Kominfo, Menteri Budi Arie Bakal Bereskan 4 PR Penting Ini

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Setelah dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi siap membereskan empat pekerjaan rumah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Dirinya optimis dan akan bergerak cepat selama menjabat sebagai menteri baru selama kurang dari satu setengah tahun.

Dalam pidatonya hari ini, Senin (17/7) di Kominfo, Menkominfo Budi Arie menyatakan bahwa ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pihak kominfo. Ada empat masalah utama yang akan diselesaikannya, pertama soal kelanjutan proyek pengadaan BTS BAKTI.

Dia menyatakan tantangan soal infrasturktur digital merupakan hal yang penting dan tantangan terberat. Pihaknya akan segera membereskannya terutama untuk masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

“Bandiwidth untuk rakyat itu jadi penting. Jangan sampai rakyat Indonesia ini tidak memiliki akses untuk menikmati atau melaksanakan akses terhadap digitalisasi dan perkembangan yang begitu pesat,” pungkasnya.

Lebih lanjut, dia menturkan beberapa masalah seperti beragam platform digital yang meresahkan masyarakat dan ekosistem digital merupakan bagian dari tanggung jawab dari Kominfo. Termasuk narasi pemilu damai 2024 yang juga dimandatkan oleh Presiden Jokowi.

Menkominfo Budi Arie menegasakan bahwa pemerintah akan membentuk satuan tugas (satgas) dalam berbagai isu. Hal ini dilakukan sebagai percepatan dari langkah-langkah yang akan diselesaikannya terutama menyangkut soal ekosistem digital, infrastruktur dan lainnya.

Budi Arie

“Tadi pak presiden sudah sampaikan bahwa nanti kita akan membentuk satgas. Ya, percepatan dan langkah-langkah karena yang pasti pak presiden soal akses digital dan BTS ini akan terus jalan,” pungkasnya. 

Adapun ditambahkan oleh Menkominfo Budi Arie terkait perkembangan teknologi yang sedang terjadi saat ini seperti AIoT (Internet of Things), Cloud, Blockchain dan Aritificial Intelligence (AI) juga menjadi bagian dari konsentrasinya. Terutama dalam perkembangan AI.

“Sekarang Amerika dan Cina sedang bertarung (teknologi AI) dan kita mudah-mudahan Indonesia tidak menjadi penonton,” kata Menkominfo Budi Arie.

Dia melihat bahwa tantangan bangsa Indonesia di masa depan ialah soal Data Scientist. Sebab, cikal bakal AI berasal dari kemampuan anak bangsa.

“Kemarin saya diskusi dengan beberapa teman terkait bagaimana tantangan bangsa ini ke depan adalah soal Data Scientist. Karena cikal bakal AI itu ada di kemampuan anak bangsa,” tuturnya. 

Menkominfo Budi Arie dan Wamenkominfo Nizar Patria sendiri akan menjabat dalam sisa periode pemerintahan tahun 2019-2024. Dia optimis untuk bergerak ceapt dalam menyelesaikan pekerjaan rumah Kominfo ini.

“Tak usah pesimis, kalau ada masalah biarlah yang bermasalah berurusan dengan masalahnya, kita semua yang tidak bermasalah menyelesaikan masalah. Begitukan?” pungkas dia. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan
News

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi aset dari ancaman canggih. Kaspersky ..

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?
News

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?

Pemerintah Indonesia dan Elon Musk meresmikan Starlink untuk beroperasi di Indonesia pada Minggu (19..

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas
News

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk resmi menghadirkan Starlink di Bali pada Minggu (19/5) kema..


;