Menkominfo Beber Pentingnya Kolaborasi dalam Pemerataan Akses Digital RI

0
Paket Kuota

Gadgetdiva.id — Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa kolaborasi menjadi aspek yang paling penting dalam pemerataan akses digital. Sehingga, pemerataan tersebut bisa menembus pelosok negeri.

Menurut penjelasan Menkominfo Budi Arie Setiadi, pihaknya menawarkan skema kerja sama pemerataan akses digital. Melalui skema ini, para pelaku industri dapat memaksimalkan aset infrastruktur telekomunikasi yang dibangun oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Salah satu wujudnya adalah jaringan serat optik palapa ring. Jaringan tersebut telah menjangkau daerah plosok Indonesia yang belum terjamah oleh industri.

“Kolaborasi dengan para pelaku industri sangat dibutuhkan agar cita-cita mulia tentang pemerataan digital hingga pelosok negeri dapat tercapai,” ungkap Budi Arie Setiadi yang hadir secara virtual dalam acara Detikcom Leaders Forum di Jakarta Selatan, Kamis (24/8).

Lebih lanjut, Menkominfo juga membeberkan bahwa mereka telah menginisiasikan beberapa inisiatif dalam menyikapi perkembangan teknologi ke depannya. Di antaranya ialah dengan implementasi teknologi 5G di 11 lokai prioritas Indonesia dan meningkatkan penetrasi IPV6. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pengalaman pengguna internet di Indonesia.

Menkominfo Budi Arie mengaku bahwa dirinya optimis akan perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Dirinya memperkirakan industri tersebut akan terus berkembang secara signifikan.

Menkominfo

“Selama hampir satu dekade akselerasi transformasi digital, seperti pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, digitalisasi, sektor strategis, penguatan reputasi hingga pengembangan sumber daya manusia merupakan deretan upaya untuk merealisasikan optimisme tersebut,” kata Budi. 

Perkembangan tersebut terlihat dari beberapa tren dan perubahan yang ada dalam industri telekomunikasi. Yakni, perkembangan jaringan 5G, revolusi internet of things, serta konvergensi layanan yang diikuti dengan banyaknya penduduk yang mulai terkoneksi industri internet.

Menurutnya, industri telekomunikasi memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan penetrasi pasarnya. Kendati demikian, ada hal penting yang perlu perhatikan oleh para pelaku industri.

Salah satunya ialah aspek keamanan digital. Sehingga, dapat melindungi data dan privasi pelanggan dengan baik.

Kominfo bersama para pelaku industri telekomunikasi, lanju dia, akan terus berupaya untuk melindungi data dan privasi pelanggan. Termasuk juga melawan ancaman siber yang semakin kompleks.

“Saya percaya dengan kolaborasi antar pihak kita dapat terus menuju masa depan cerah, pemanfaatan teknologi digital maju,” tutup Budi Arie. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini