News

Angkasa Pura II Bakal Eksplorasi Pemanfaatan Artificial Intelligence di Bandara

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia, pada Kamis 7 September 2023 meluncurkan program ‘Digital Collaboration: Sky Horizon 2023’ dengan tema Shared Vision and Collaborating to Create Artificial Intelligence Based Airport Ecosystem.

Program tersebut sebagai upaya mendorong kolaborasi AP II dengan berbagai pihak seperti komunitas, praktisi, korporasi dan startup dalam menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di aspek pelayanan, operasional dan komersial bandara.

Intip Tren Penggunaan Paylater di Kredivo

Sky Horizon 2023 terbagi menjadi beberapa fase kegiatan, dimulai dari pendaftaran (submission) oleh peserta yang dibuka 7 September 2023, dilanjutkan dengan kurasi, validasi, inkubasi, pengembangan/pembangunan solusi, hingga demo versi beta/alpha pada akhir November 2023.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Sky Horizon 2023 ini merupakan bagian dari program Digital Exploration (DX). “Project Sky Horizon 2023 merupakan bagian dari DX sebagai upaya kami menerapkan digitalisasi di setiap aspek bandara. Sky Horizon 2023 mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak, mengedepankan resources sharing untuk berbagi risiko dan manfaat, serta menyamakan visi AP II terkait penerapan AI di bandara,” ujar Muhammad Awaluddin.

Bandara

“AP II adalah operator bandara di Indonesia yang pertama kali masuk dalam diskusi pemanfaatan AI untuk transportasi udara khususnya kebandarudaraan. Pada tahap awal pemanfaatan AI di bandara ini, AP II mendorong kolaborasi dan resource sharing,” tambah Muhammad Awaluddin.

Dwi Ananda, EGM Bandara Soekarno-Hatta yang juga sebagai Ketua Sub Tim DX PMO Transformasi Bandara Soekarno-Hatta, mengatakan pemanfaatan AI dapat meningkatkan standar operasi, fasilitas, pelayanan dan komersial di bandara.

“Sebagai contoh, pemanfaatan AI bisa meningkatkan lalu lintas penerbangan dan menjadikan alur (flow) penumpang pesawat di terminal bandara semakin efektif dan efisien. Begitu juga dengan fasilitas, meskipun saat ini sudah ditunjang berbagai teknologi, namun melalui AI kami ingin fasilitas dapat lebih efisien dan optimal dalam hal pemeliharaan, penggunaan energi, dan serta menghadirkan layanan secara lebih personalisasi,” ujar Dwi Ananda.

Sementara untuk aspek komersial, pemanfaatan AI dapat dapat membuat bandara AP II menghadirkan layanan yang lebih spesifik bagi pelanggan misalnya menghadirkan ritel sesuai keinginan pelanggan. Pada aspek operasional bandara, AI juga dapat meningkatkan optimalisasi penggunaan slot time di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki kapasitas slot time (ketersediaan waktu terbang keberangkatan dan kedatangan) sekitar 1.300 per hari, di mana selama ini analisis dilakukan dengan banyak menghabiskan sumber daya waktu dan tenaga. Apabila kami bisa memanfaatkan AI advanced analytics dalam analisis ini maka hasil dapat lebih cepat dengan tingkat keakuratan tinggi sehingga bisa cepat mendukung kami dalam mengambil kebijakan optimal seperti pembagian periode waktu penerbangan, mengakomodir permintaan, serta mendukung efektivitas penerbangan,” tambah Dwi Ananda.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Indosat dan China Mobile International Umumkan Kemitraan Strategis
News

Indosat dan China Mobile International Umumkan Kemitraan Strategis

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison dan China Mobile International Limited, baru-baru..

Intip Tren Penggunaan Paylater di Kredivo
News

Intip Tren Penggunaan Paylater di Kredivo

Gadgetdiva.id – Paylater sebagai pelaku keuangan digital terus berkembang, bahkan telah mam..

Sambut Harpelnas, XL Axiata Terus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan
News

Sambut Harpelnas, XL Axiata Terus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Gadgetdiva.id – Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) men..

Indosat Berikan Ketulusan Tanpa Akhir di Harpelnas 2023
News

Indosat Berikan Ketulusan Tanpa Akhir di Harpelnas 2023

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) merayakan Hari Pelanggan Nasional (Harp..


;