Perempuan Indonesia Makin Banyak Menggunakan Internet di Tahun 2024

0
Internet

Gadgetdiva.id — Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan sebanyak 85.5% perempuan di Tanah Air telah menggunakan internet pada tahun 2024. Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Data terbaru dari APJII mengungkap bahwa jumlah perempuan yang menggunakan internet di Indonesia sebesar 85,5% pada awal tahun 2024. Sedangkan, di tahun 2023, pengguna perempuan di Indonesia masih sebesar 77,46%.

Angka tersebut masih tertinggal dari jumlah laki-laki yang menggunakan internet. Riset menemukan bahwa di awal tahun 2024, jumlah pengguna internet dengan gender laki-laki sebesar 87,6%.

InternetKendati demikian, jumlah perbandingannya tidak terlalu signifikan. Ini artinya, kesenjangan gender semakin berkurang dalam akses internet di Indonesia.

Sebab, jumlah kontribusi pengguna internet perempuan di Indonesia mencapai angka 49.1% pada tahun 2024. Sementara, jumlah kontribusi pengguna internet laki-laki di Indonesia sebesar 50,9%.

“Hampir 50:50 pengguna internet skala gender di Indonesia. Walaupun, mungkin jumlah wanita harusnya lebih banyak secara populasi. Tapi kalau secara penggunaan internet hampir sama enggak jauh beda,” ungkap Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam konferensi pers peluncuran riset penetrasi internet tahun 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (31/1).

Internet
Ketua Umum APJII Muhammad Arif

Kemudian, penelitian ini juga turut mengungkap bahwa pengguna internet di Indonesia terus meningkat sejak tahun 2018. Di tahun 2024 ini, tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 79.5% dari total populasi. Artinya, ada sekitar 221 juta dari 278 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet.

Angka tersebut naik secara signifikan, yakni sebesar 1.31% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, tingkat penetrasi internet di Indonesia sebesar 78,19% atau setara dengan angka 215 juta jiwa dari jumlah penduduk Indonesia.

Arif melihat pencapaian ini merupakan hasil dari kolaborasi yang kuat antara sektor swasata dan pemerintah yang terus berupaya dalam memperluas akses internet di Indonesia.

“Kami berharap bahwa peningkatan ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” tutup dia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan