Tak Jadi Garap Mobil Listrik, Apple Rumahkan Lebih dari 600 Karyawan di California

0
WhatsApp dan Threads
Foto: CNET

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap lebih dari 600 karayawannya di California, Amerika Serikat. PHK ini dilakukan setelah perusahaan menghentikan proyek mobilnya.

Sebanyak 614 pekerja Apple yang diberhentikan dan dari delapan fasilitas berbeda di Santa Clara. Tak diketahui secara spesifik karyawan dari divisi apa yang terdampak.

Kemudian, tak ada lokasi dalam pengumuman PHK tersebut yang berada di kantor pusat Apple di Cupertino. Pemberitahuan ini terungkap oleh WARN yang dikutip oleh CNBC.

Menurut San Fransisco Chronicle, adapun beberapa posisi yang dipangkas oleh Apple. Di antaranya ialah machine shop managers, hardware engineers dan product engineers.

Para pekerja terkait diberikan notifikasi PHK pada 28 Maret dan akan berlaku secara efektif pada 27 Mei mendatang. Alasan Apple melakukan pemberhentian karyawan ini bukan karena perampingan seperti yang dilakukan oleh perusahaan teknologi lainnya.

Melainkan karena produsen iPhone ini tumbuh lebih lambat daripada para pesaingnya selama apndemi. PHK ini dilakukan beberapa minggu setelah perusahaan membatalkan proyek jangka panjangnya untuk membuat mobil listrik tanpa pengemudi dalam sebuah tim yang disebut Special Projects Group.

Pemberhentian proyek mobil listrik ini menandakan berakhirnya upaya rahasia Apple untuk menyaingi Tesla. Program ini memperkerjakan ribuan karyawan namun tidak pernah sesuai dengan bisnis inti Apple, yakni elektronik dan layanan online.

Rencana penggarapan mobil listrik ini muncul pada tahun 2014 setelah perusahaan merekrut engineer otomotif dan telanta lainnya dari perusahaan otomotif.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan