Pemerintah Mau Blokir Free Fire dkk, Kenapa?

0
Free Fire

Gadgetdiva.id — Pemerintah mengancam akan memblokir gim mengandung konten kekerasan. Salah satunya ialah Free Fire (FF).

Pemerintah menilai bahwa konten Free Fire tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 2 tahun 2024 tentang Klasifikasi Game. Oleh sebab itu, gim ini tengah dikaji untuk diblokir.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nahar. Dirinya menilai Free Fire tidak sesuai dengan Permenkominfo Nomor 2 tahun 2024.

Kendati demikian, Nahar menyatakan bahwa pemblokiran akan dilakukan jika FF telah terbukti melanggar Permenkominfo tersebut.

“Bisa saja ada pemblokiran jika tidak sesuai dengan klasifikasi permenkominfo tersebut. Terutama untuk konten-konten yang mengandung kekerasan, perliaku seksual yang menyimpan, bahkan judi online,” ungkap Nahar dalam keterangannya dikutip dari Detikcom pada Rabu (24/4).

Nahar menegaskan bahwa saat ini pemerintah tengah menggodok regulasi yang akan melindungi anak dari pengaruh negatif konten digital. Regulasi tersebut bersifat pencegahan.

“Kami sedang menyempurnakan berbagai regulasi-regulasi yang berkaitan dengan perlindunan anak di ranah digital atau online. Nantinya, laporan atau dokumen bersifat pencegahan bisa dijadikan aduan penanganan,” jelas Nahar.

Lebih lanjut, regulasi tersebut nantinya tak hanya mengatur klasifikasi game online. Namun, juga mengatur tata cara mendaftar game hingga mendapatkan izin dari Kemenkominfo untuk pendistribusiannya.

Nahar berharap anak-anak akan tetap bisa mengakses internet atau berkegiatan di ruang digital. Namun, tetap harus sesuai dan tidak boleh melanggar aturan yang ada.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan