Surat Menyentuh TikTok Shop Ditutup untuk Para Seller UMKM Terdampak

0
TikTok Shop
TikTok Shop For Your Fashion.

Gadgetdiva.id — Usai mengumumkan tak bisa berupaya lebih dalam mengubah keputusan pemerintah terkait TikTok Shop ditutup, platform asal China yang memiliki lebih dari 6 juta seller itu pun terpaksa harus berpamitan dengan para seller. Surat menyentuh pun dikirimkan TIkTok untuk para seller yang terdampak penutupan tersebut.

Diketahui, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan TikTok Shop ditutup mulai hari ini, 4 Oktober 2023. Oleh karena itu, TikTok tak bisa lagi dijadikan platform untuk jual beli barang mulai pukul 17.00 WIB.

Pihak TikTok pun langsung menyurati para seller-nya dengan email bertajuk “Dampak peraturan pemerintah terbaru terhadap operasional anda” untuk menenangkan para seller UMKM yang terdampak TikTok Shop ditutup. Isinya sebagai berikut:

tiktok shop ditutup
Surat yang dikirimkan TikTok Shop untuk para seller terdampak penutupan.

Dear TikTok Shop Seller,

Melalui email ini, kami ingin menyampaikan bahwa kami memahami kekhawatiran anda dan kami sangat berterima kasih atas kesabaran serta dukungan anda dalam beberapa hari terakhir.

Prioritas kami adalah tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia, mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik agar dapat melayani anda kembali di masa depan.

Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi seller TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini.

Mengapa TikTok Shop Ditutup?

Penutupan TikTok Shop ini melanjutkan larangan Menteri Perdanganan (Mendag) Zulkifli Hasan yang tertuang dalam Permendag 31 Tahun 2023. Dimana merupakan penyempurnaan dari Permendag 50 Tahun 2020 pada 26 September lalu.

Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan aturan main (Playing Field) yang setara dan adil untuk e-commerce di Indonesia. Termasuk melarang media sosial untuk dibaung menjadi e-commerce.

Hal tersebut harus dilakukan, sebab dikhawatirkan pihak platform akan menguasai algoritma pengguna. Sehingga, dapat digunakan untuk mengatur iklan yang bersangkutan.

Peraturan tersebut sudah berlaku dan harus dipatuhi oleh TikTok Shop. Platform sebelumnya telah diberi waktu selama seminggu untuk mematuhi aturan tersebut.

Di samping itu, TikTok Shop sendiri telah menjadi rumah bagi 6 juta penjual lokal. Serta, hampir 7 juta kreator yang telah terafiliasi oleh platform tersebut.

tiktok shop ditutup
Wishnutama, Komisarit PT GoTo Gojek Tokopedia hadir dalam rapat terbatas terkait penutupan TikTok Shop. (Foto: Internet)

Sehari sebelum aturan tersebut diumumkan, kementerian terkait, termasuk Kementerian Perindustrian juga turut menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Jokowi. Usai ratas tersebut, Jokowi pun turut mendukung adanya pemisahan ecommerce dengan media sosial.

Yang menarik, dalam foto yang beredar, ratas tersebut juga dihadiri oleh mantan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Wishnutama. Diketahui, Wishnutama saat ini menjabat sebagai salah satu Komisaris di PT GoTo Gojek Tokopedia, perusahaan induk marketplace/ecommerce Tokopedia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan