Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini

0
Tokopedia
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Tokopedia menyediakan beragam fitur yang memudahkan para UMKM di platformnya. Fitur-fitur tersebut merupakan bagian dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Salah satu fitur tersebut ialah fitur ‘Wawasan’. Fitur ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mendapatkan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci yang sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori. Hal ini berguna untuk memaksimalkan peluang bisnis. 

Fitur selanjutnya ialah ‘Penamaan Produk dan Kategori’  yang didukung oleh machine learning. Fungsinya untuk memberikan smart recommendation bagi penjual terkait penamaan produk dan kategorisasi paling relevan.

Kemudian, ada juga fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Tokpedia. Yakni,’ Buy More, Save More’.

Fitur ‘Buy More, Save More’ ini memungkinkan para penjual untuk memberi diskon pada setiap pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak kepada pembeli. Contohnya ialah promo ‘beli 2 diskon 15%’ atau ‘beli 3 diskon 20%’) atau hadiah pembelian.  

Lebih dari itu, Tokpedia juga berupaya untuk mendampingi para UMKM lokal di platformnya lewat edukasi online. Misalnya ialah Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses secara gratis bagi pelaku usaha.

Tokopedia

Adapula Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk para UMKM lokal di beberapa kota Indonesia. Meliputi Jabodetabek,  Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang dan Denpasar. 

Kemudian, ada pula Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang tedapat pada laman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga, program Dilayani Tokopedia yang memungkinkan para UMKM untuk mentipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

“Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi nasional. UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhan mereka saat menghadapi pandemi Covid-19 lalu, bahkan menjadi kunci pemulihan ekonomi hingga pascapandemi,” ungkap Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari dalam acara daring yang berlangsung Rabu (8/11).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan