Tips Cegah Kecanduan Media Sosial yang Mesti Kamu Ikuti!

0
704

Paradiva, apakah kamu sering merasa tidak bisa lepas dari Instagram? Atau secara reflek kamu selalu mengecek akun Twittermu setiap lima menit sekali? Bisa jadi kamu sedang kecanduan media sosial.

Namun, jangan khawatir karena Gadgetdiva bakal memberimu rangkaian tips yang bisa diterapkan agar tidak kecanduan dengan akun media sosial yang kamu miliki. Simak, ya!

Dilansir dari salah satu artikel Insider, American Society of Addiction Medicine mendefinisikan kecanduan sebagai perilaku yang menjadi komplusif atau berlanjut meskipun ada konsekuensi negatif.

Pada tahun 2017, 43% orang Amerika melaporkan teru-menerus memeriksa media sosial dan 20% mengatakan bahwa media sosial adalah sumber stres.

Selain itu, berinteraksi dengna media sosial dapat memicu respons dopamin dalam otak, serupa dengan yang dipicu oleh penggunaan narkoba atau alkohol. Respon tersebut bisa membuat kamu menginginkan lebih dan merasa kecanduan.

Cara Mencegah Kecanduan Media Sosial

Pada tahun 2018, orang dengan akses internet di seluruh dunia menghabiskan rata-rata 144 menit untuk menggunakan media sosial setiap harinya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa membatasi penggunaan media sosial hingga 30 menit sehaari optimal untuk kesehatan mental.

Abstinensi sering direkomendasikan untuk mengobati kecanduan narkoba atau alkohol. Akan tetapi, untuk kecanduan media sosial, hasil psikologis yang ideal adalah penggunaan internet yang terkontrol. Tidaklah perlu untuk sepenuhnya melepaskan media sosial, akan tetapi penting untuk memiliki strategi dalam menetapkan batasan.

Lin Sternlicht, konselor kesehatan mental berlisensi dalam Family Addiction Specialist merekomendasikan agar orang yang peduli dengan kecanduan media sosial dapat mengambil sebagai berikut:

  • Lakukan pembersihan media sosial

Tantang diri kamu untuk menjalani waktu tertentu tanpa memeriksa media sosial, baik selama beberapa jam atau seminggu penuh. Satu studi tahun 2019 menemukan bahwa beberapa siswa yang pergi selama lima hari tanpa media sosial mengalami “rasa ketenangan”, meskipun yang lain takut ketinggalan.

  • Hapus aplikasi atau nonaktifkan notifikasi dari media sosial

Kebanyakan orang mengecek ke media sosial tanpa berpikir, jadi buat penghalang kecil dengan mematikan notifikasi. Jika kamu tidak melihat ikon atau peringatan media sosial setiap kali kamu mengangkat telepon, kamu cenderung tidak akan menghabiskan waktu di sana.

Tetapkan batasan waktu penggunaan dan patuhi

Sebagian besar ponsel dan tablet memungkinkan kamu melihat waktu yang kamu habiskan untuk aplikasi tertentu.

Tetapkan batas waktu yang kamu habiskan di media sosial dan patuhi. Atau, kamu juga dapat menggunakan aplikasi yang memblokir media sosial setelah mencapai batas.

Untuk remaja, American Academy of Pediatrics juga merekomendaisikan agar penggunaan media sosial tidak mengganggu aktivitas seperti makan bersama keluarga, olahraga, atau “waktu istirahat yang tidak terputus”.

Luangkan Waktu untuk Hobi atau Kegiatan Lain

Hobi atau aktivitas baru bisa membantu mengekang keinginan kamu untuk check-in ke media sosial. “Idenya di sini adalah untuk mengisi waktu luang kamu dengan hal-hal yang kamu sukai yang baik untuk kamu,” kata Sternlicht.

“Secara alami kamu akan menemukan lebih sedikit waktu untuk berada di media sosial dan lebih banyak waktu untuk hadir dalam kehidupan dan mudah-mudahan bahkan bersosialisasi secara langsung daripada melalui layar.”

Mari diterapkan ya, Paradiva!

Baca juga, Instagram Tidak akan Promosikan Reels dengan Watermark TikTok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here