Spesifikasi Satelit Merah Putih 2 yang Meluncur 21 Februari 2024

0
satelit merah putih 2
Kapasitasnya mencapai 32 Gbps dengan membawa transponder aktif terdiri dari frekuensi C-band dan Ku-band. (Foto: Telkom)

Gadgetdiva.idSatelit Merah Putih 2 besutan Telkom melalui ‘tangan’ Telkomsat akan diluncurkan besok, 21 Februari 2024. High Throughput Satelit itu membawa banyak teknologi untuk membuat akses internet merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abdul Rauf menyebut jika Satelit Merah Putih 2 akan menjadi satelit yang mampu menghubungkan semua pulau di Indonesia. Teknologi yang diusung pada spesifikasi satelit tersebut cukup banyak.

“Ditenagai oleh platform mutakhir Spacebus 4000B2 dan memiliki masa pakai desain selama 15 tahun, satelit ini merupakan hasil kerja sama Thales Alenia Space dalam hal pabrikasi dan fasilitasi peluncuran yang mulus oleh SpaceX, kedua mitra yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek satelit Telkom sebelumnya,” ujar Lukman Hakim, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Selasa, 20 Februari 2024.

satelit merah putih 2
High Throughput Satelit dari Telkom dan Telkomsat, Satelit Merah Putih 2.

Lukman menekankan bahwa proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit telah mematuhi prinsip kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik. Dalam hal bisnis, pemilihan mitra juga mempertimbangkan biaya per Gbps yang rendah, sehingga menghasilkan satelit dengan kapasitas lebih besar dan harga jual yang bersaing.

Manfaat Satelit Merah Putih 2

Saat hitungan mundur peluncuran terus berlanjut, antisipasi berkobar di kalangan korporat dan operator VSAT, menandai potensi bisnis yang sangat besar yang ditawarkan oleh Merah Putih 2. Antusiasme ini tidak luput dari perhatian Telkom dan Telkomsat, yang melihatnya sebagai peluang emas untuk memperkuat portofolio bisnis satelit mereka dan mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam era digital.

“Keberhasilan peluncuran Merah Putih 2 ini nantinya akan menjadi bagian dari kiprah Telkom Indonesia dan Telkomsat dalam upaya mewujudkan visi akses internet merata di seluruh Indonesia, menghadirkan manfaat yang tak terhingga bagi masyarakat dan membuka jalan bagi kemajuan teknologi di negeri ini,” tutup Lukman.

Buat Paradiva yang ingin menyaksikan peluncuran Satelit Merah Putih 2 bisa berkunjung ke channel YouTube Telkom Indonesia Official. Peluncuran akan dilakukan pada pukul 03.00 WIB di tanggal 21 Februari 2024.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan