Ceramah, Arus Mudik hingga Baju Lebaran Muncul di Google Trends Selama Bulan Ramadan

0
Google Trends
Foto: Pixabay

Gadgetdiva.id — Google mengungkap berbagai kata kunci yang paling dicari orang Indonesia selama bulan Ramadan. Laporan ini terungkap lewat Google Trends.

Google Trends mencatat ada beberapa kata kunci yang kerap dicari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu satu minggu terakhir. Di antaranya ialah ceramah singkat ramadhan dan judulnya, puncak arus mudik 2023, doa puasa ramadhan, baju lebaran, niat puasa ramadhan, resep buat buka puasa dan sahur, jam buka puasa dan poster ramadhan.

Menariknya, Indonesia menjadi negara kedua teratas di dunia yang menelusuri kata kunci Idul Fitri dan “Puasa” dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“Semakin banyak orang yang mencari informasi dan inspirasi terkait Ramadan di Google. Indonesia merupakan dua negara teratas di dunia yang menelusuri (kata kunci) ‘Idul Fitri’ dan ‘Puasa’ dalam satu tahun terakhir,” ungkap Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/3).

Google Trends
Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan dalam acara konferensi pers Ini Ramadan Kita, Kamis (15/3).

Selain itu, Google juga menemukan adanya penelusuran minat, hobi dan gaya hidup berbasis komunitas pada kolom pencariannya dalam kurung wkatu 3 bulan terakhir. Minat penelusuran terhadap olahraga calisthenics meningkat sebesar lebih dari 40%.

Di samping itu, pencarian terhadap kata kunci “resep nasi goreng” juga turut meningkat sebesar 150% selama tahun 2024. Adapun kata kunci  yang paling sering dicari selama 3 bulan terakhir, yakni Calisthenics, Resep Nasi Goreng, Resep Nasi Gila, Carpet Tufting, Harga Alat Tufting, Dungeons and Dragons board game, Dice board game, Game mobile terbaik 2023, smartphone gaming murah dan baju lebaran


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan