4 Fitur Google ini Siap Jadi Bestie Puasa dan Lebaranmu

    0
    Fitur Google

    Gadgetdiva.id — Google menyediakan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna selama bulan puasa dan ramadan. Fitur Google ini dapat kamu lakukan mulai dari menyiapkan menu sahur hingga mudik saat hari raya Idul Fitri nanti.

    Google Trends
    Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan dalam acara konferensi pers Ini Ramadan Kita, Kamis (15/3).

    Google kembali menghadirkan beberapa fitur yang khas untuk Ramadan sesuai dengan keberagaman minat masyarakat,” imbuh Feliciana Wienathan dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/3).

    Setidaknya ada empat fitur Google untuk bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Di antaranya sebagai berikut.

    4 Fitur Google untuk Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri

    Google Lens

    Melalui Google Lens, Paradiva bisa mencari barang apapun yang bikin kamu kepo hanya melalui kamera ponsel dan langsung membelinya lewat e-commerce kesayanganmu. Caranya mudah, cukup dengan membuka aplikasi Google di ponselmu.

    Fitur Google

    Kemudian, klik ikon kamera dan arahkan ponsel ke barang yang ingin kamu cari. Lalu, jepret barang tersebut untuk menemukan hasil yang sama atau mirip dengan bantuan dari Google Lens.

    Google Search

    Selama bulan puasa, Paradiva bisa banget memanfaatkan fitur Google Search pada ponselmu untuk menjalankan tradisi bulan Ramadan bersama keluarga. Melalui fitur ini, kamu dapat mencari resep hidangan di seluruh dunia hanya dalam satu genggaman.

    Fitur Google

    Cukup ketikkan nama hidangan ke Google Search dan kata resep di sebelahnya. Mesin pencari tersbeut akan menunjukkan daftar resep yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dan petunjuk terkait cara mengolah tiap hidangan.

    Google Maps

    Hari Raya Idul Fitri sangat identik dengan mudik ke kampung halaman. Dengan memanfaatkan fitur Google Maps, Paradiva bisa merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik.

    Google Maps emnghadirkan beberapa informasi relevan seperti lokasi fasilitas temporer dan permanen. Misalnya, masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan.

    Fitur Google

    Ada juga, fitur yang dapat menunjukkan tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol, hingga fitur yang memungkinkanmu menambahkan beberapa poin tujuan.

    Qibla Finder

    Dalam memudahkan masyarakat Indonesia yang melaukan perjalanan mudik, Google menghadirkan aplikasi web Qibla Finder untuk menunjukkan arah kiblat. Aplikasi ini telah dirancang menggunakan augmented reality yang dapat menunjukkan arah kiblat dimanapun kamu berada.

    Fitur Google

    Qibla Finder telah dilengkapi dengan fitur offline dan pintasan untuk menambahkan Pencari Kiblat ke layar beranda Androidmu. Sehingga, kamu dapat menemukan lokasi Mekah saat sedang berpergian.

    Sebelumnya, Google Trends mencatat ada beberapa kata kunci yang kerap dicari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu satu minggu terakhir. Di antaranya ialah ceramah singkat ramadhan dan judulnya, puncak arus mudik 2023, doa puasa ramadhan, baju lebaran, niat puasa ramadhan, resep buat buka puasa dan sahur, jam buka puasa dan poster ramadhan.

    Menariknya, Indonesia menjadi negara kedua teratas di dunia yang menelusuri kata kunci Idul Fitri dan “Puasa” dalam kurun waktu satu tahun terakhir.


    Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

    Tinggalkan Balasan