Pemerintah Bakal Blokir Free Fire, Ini Kata Kominfo

0
Free Fire

Gadgetdiva.id — Game Free Fire (FF) dikabarkan tengah dikaji oleh pemerintah untuk diblokir, sebab dinlai mengacam anak-anak karena mengandung konten kekerasan. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi angkat bicara.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa digitalisasi bisa berdampak positif dan negatif. Oleh sebab itu, pihaknya berusaha mengantisipasi dampak negatif yang ada.

“Kalau memang perlu kita blokir, kita blokir [gim Free Fire], ada potensi [gim FF diblokir],” ungkap Budi pada Selasa (23/4).

Budi menegaskan bahwa gim juga harus memiliki klasifikasi rating usia layaknya konten-konten digital lainnya. Menurut Budi, jika anak-anak mengonsumsi konten tidak sesuai umur, dapat berdampak negatif secara psikologis.

Free Fire

Oleh sebab itu, kata dia, perlu adanya keterlibatan orang tua untuk memantau konten yang dikonsumsi oleh anak-anak.

“Makanya dibilangin kalau ada acara konten itu, itu dibilangin kebijakan pemirsa diharapkan. Artinya, orangtua juga jangan membiarkan nonton konten yang tidak semestinya,” tegas Budi.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan kalau pemerintah akan memblokir game Free Fire. Sebab, gim tersebut dinilai tidak sesuai dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 2 tahun 2024 tentang Klasifikasi Game.

Menanggapi hal tersebut, Budi menyatakan bahwa pihaknya akan menerima rekomendasi tersebut. Jika memang diperlukan untuk diblokir, pihaknya akan memblokir gim tersebut.

“Kalau rekomendasi KPAI dan KPPA memang begitu ya [blokir gim FF], kita blokir,” tegasnya.

Lebih lanjut, Budi kembali menegaskan bahwa semua pihak berhak bermain gim. Dirinya mengajurkan supaya para orangtua dapat secara bijak memilah konten-konten yang dapat dikonsumsi oleh anak.

“Jadi, kita mengajurkan kebijakan orangtua atau pemirsa terhadap konten-konten yang bukan untuk anak-anak,” tandasnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan