Huawei Bakal Perluas Sistem Operasi HarmonyOS untuk Pengguna Global

0
HarmonyOS
Foto: South China Morning Post

Gadgetdiva.id — Huawei dikabarkan bakal memperluas sistem operasi HarmonyOS pada ponsel pintarnya secara global. Perluasan ini dilakukan setelah perusahaan meluncurkan Pura 70 yang disebut bakal menjadi pesaing iPhone.

Huawei telah diblokir oleh Amerika Serikat yang menyebabkan perangkatnya tak dapat didukung oleh sistem operasi Android milik Google. Sehingga, perangkat membangun sistem operasinya sendiri bernama HarmonyOS.

Kini, Huawei telah berfokus untuk melakukan ekspansi sistem operasi HarmonyOS secara global. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Chairman Huawei Xu Zhijun dalam gelaran Analyst Summit 2024.

Xu Zhijun menyatakan bawha perusahaan berencana untuk berekspansi secara global setelah mengurus berbagai hal di dalam negeri. Salah satunya ialah menjadikan HarmonyOS sebagai opsi ketiga di dunia untuk sistem operasi seluler.

Dalam upayanya tersebut, Huawei akan bekerja sama dengan para pengembang aplikasi dan menyediakan semua dukungan, alat dan dorongan yang dibutuhkan untuk membangun eksosistem aplikasi yang kuat untuk sistem operasi tersebut.

Pertama, perusahaan akan berfokus pada pasar China. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa 99% dari pengguna menghabiskan waktu mereka pada lebih dari 5.000 aplikasi.

Kemudian, sekitar 4.000 aplikasi telah diadaptasi ke HarmonyOS NEXT. Namun, dibutuhkan waktu dan usaha untuk mengajak pengembang aplikasi lain bergabung.

Sebuah sumber terpisah mengatakan bahwa HarmonyOS mendapatkan daya tarik di dalam negeri dengan sangat cepat. Bahkan, OS Huawei akan segera menjadi sistem seluler terpopuler kedua di Tiongkok, melampaui iOS. Demkian laporan yang dikutip dari GSMArena, Kamis (25/4).


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan