Kenalin! Perempuan Pemilik Suara Siri iPhone, Karen Jacobsen

0
Karen Jacobsen

Gadgetdiva.id – Pada tahun 2002, penyanyi-penulis lagu Australia, Karen Jacobsen, tinggal di New York City ketika dia ditawari kesempatan untuk mengikuti audisi pekerjaan yang membutuhkan seorang artis suara dengan aksen Australia asli, tinggal di timur laut Amerika Serikat, untuk merekam model suara yang akan digunakan.

“Saya membaca deskripsi tersebut dan berpikir, ‘Ini adalah deskripsi tentang saya’,” kata Jacobsen kepada The Register. Jadi dia mengikuti audisi dan mendapatkan pekerjaan itu, tetapi tidak diberitahu bagaimana pekerjaan itu akan digunakan selain bahwa kerjanya akan “dilisensikan ke perusahaan lain.”

Pekerjaan itu melibatkan lebih dari 50 jam sesi rekaman, tidak satupun lebih dari empat jam masing-masing untuk menjaga agar suaranya tidak gagal. Dia diperintahkan untuk tetap “tenang dan konsisten,” dan mengucapkan berbagai frase, menghitung dari satu hingga seribu, dan melakukan banyak variasi dari: “Pada persimpangan berikutnya, belok ke kiri: Anda telah mencapai tujuan Anda.”

Beberapa pekerjaan melibatkan pengucapan kata-kata agar dapat dirakit secara digital menjadi frase. Pada kesempatan lain, dia diminta untuk mengulang kata “approximately” berkali-kali, baik sendiri maupun dalam frase seperti “sekitar sepuluh meter.”

Jacobsen mengatakan bahwa dia mengucapkan kata “’approximately’ sekitar 168 kali.”

Mereka ingin menangkap setiap kombinasi suku kata yang mungkin,” katanya. “Saya melakukannya berulang kali. Itu membuat saya sedikit gila.”

Tetapi akhirnya pekerjaan itu selesai. Jacobsen pergi dan sedikit memikirkannya.

Beberapa tahun kemudian, seorang teman menelepon untuk mengatakan bahwa dia telah membelikan suaminya sebuah unit GPS untuk mobil mereka, dan secara spontan mereka mengaturnya ke suara Australia perempuan saat mereka pulang ke rumah setelah Natal.

“Dia menelepon dan berkata ‘Anda berada di mobil saya’,” kata Jacobsen kepada The Register.

Dan begitulah Jacobsen menemukan bagaimana sesi suaranya telah digunakan.

“Saya terkejut,” katanya. “Saya tidak mengharapkannya.” Beberapa tahun kemudian, Apple melisensikan sesinya untuk versi Australia dari Siri. Jacobsen mendengar suaranya sendiri di iPhone untuk pertama kalinya di kereta.

“Suami saya dan saya pergi ke pesta Halloween dan seseorang bermain dengan iPhone-nya,” katanya. Siri berbicara dan Jacobsen mengenalinya sendiri.

Dia tetap tercengang bahwa suaranya telah didengar oleh begitu banyak orang.

“Suara siapa yang berakhir di miliaran perangkat memberitahu orang-orang ke mana harus pergi?” katanya.

The Register bertanya apakah pekerjaan itu telah menguntungkan, dan apakah Jacobsen dibayar setiap kali sesinya dilisensikan.

Dia menjawab dengan menggunakan suara yang tegas dan formal: “Maaf, saya tidak diizinkan menjawab pertanyaan itu.”

Dia menggunakan suara itu ketika ditanya oleh orang-orang yang dia temui yang mengetahui keberadaannya di perangkat mereka, karena mereka senang mendengarnya dan karena Jacobsen berpikir beberapa orang merindukan koneksi manusia dengan mesin yang mereka gunakan.

Apa pun yang dia dapatkan, pekerjaan itu oleh karena itu membawa kekayaan lain karena ketika dia dikenali, orang-orang ingin berbagi cerita tentang perjalanan mereka yang dibantu GPS, dan nama-nama yang mereka pilih untuk bantuan navigasi mereka.

Tidak semuanya baik: beberapa merasa perlu bercerita tentang saat mesin mereka mengarahkan mereka keliru.

“Saya membuat banyak permintaan maaf,” kata dia kepada The Register. Jacobsen terus melakukan pekerjaan voiceover, jika diminta, dan adalah penyanyi yang diperhitungkan.

Dia juga menciptakan pertunjukan panggung dan album berjudul Misogyny Opus, yang merayakan pidato terkenal mantan perdana menteri Australia Julia Gillard.

Ketika The Register bertemu dengan Jacobsen bulan lalu, dia sedang bekerja pada album ke-13.

Musik Jacobsen memiliki penggemar tetapi tahu bahwa sesi voiceover yang sudah lama itu akan selamanya menjadi karyanya yang definitif – dan tidak keberatan dengan itu.

“Saya tidak berpikir itu kebetulan saya kebetulan memenangkan pekerjaan itu,” kata dia kepada The Register. “Saya adalah orang yang sangat berkomitmen pada pengembangan pribadi dan profesional dan menciptakan kehidupan yang saya jalani dan mencari cara untuk hidup dalam kemungkinan. Dan saya suka berpikir bahwa suara saya membawa beberapa kualitas itu dalam semua sistem yang saya jalani.”


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan