Youtube Sorot 5 Kreator Perempuan dalam Serial Dokumenter Seribu Kartini

0
Seribu Kartini

Gadgetdiva.id — Dalam rangka merayakan hari kelahiran R.A Kartini yang ke-145, Youtube merilis sebuah serial dokumenter bertajuk “Seribu Kartini”. Serial dokumenter ini sudah dapat disaksikan pada akun Youtube Indonesia sejak Jumat (19/4).

Ada lima kreator yang terlibat dalam serial dokumenter Youtube Seribu Kartini. Mereka ialah Nessie Judge, Novi Petani Happy, Arih Lystia, Irene Komala dan Nadhira Afifa.

Dalam serial dokumenter ini, para kreator berbagi kisah mereka masing-masing dalam melepaskan diri dari kekangan dan batasan yang ada di masyarakat. Selayaknya Kartini saat memperjuangkan hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, berpolitik dan bebas dari belenggu norma.

Seribu Kartini
Sr. Product Marketing Manager Youtube Indonesia Olavina Harahap dalam acara Konferensi Pers Seribu Kartini, Jumat (19/4)/

“Semoga di Hari Kartini ini, kami dapat mengingatkan setiap wanita tahan air bahwa, mereka bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidupnya, dengan caranya sendiri. Kami melakukannya dengan menceritakan kisah berbagai perempuan zaman modern; dengan cara yang merupakan inti dari YouTube yaitu visual storytelling,” kata Sr. Product Marketing Manager, YouTube Indonesia dan Asia Tenggara Olavina Harahap di Jakarta Pusat, Jumat.

Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismahariani turut hadir dalam acara perilisan Seribu Kartini yang diselenggarakan oleh Youtube Indonesia. Pada acara tersebut, dia mengajak para kreator untuk pantang menyerah dalam meraih mimpi mereka.

“Para konten kreator tidak perlu takut dalam mengambil keputusan, jika ada masalah hadapi saja, percaya semua itu akan lewat. Selama yang kita lakukan membawa manfaat bagi orang lain, tidak perlu ragu dan takut untuk mencoba hal-hal baru,” ungkap Risma.

Seribu Kartini
Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismahariani dalam acara Konferensi Pers Seribu Kartini, Jumat (19/4).

Youtube Turut Berikan Penghargaan dalam Acara Seribu Kartini

Selain merilis serial dokumenter, Youtube juga turut memberi penghargaan Diamond Creator Award kepada Najwa Shihab dan Tim Narasi Media. Sebab, mereka berhasil mencapai 10 juta subscribers.

“YouTube adalah platform yang memungkinkan kita mendapatkan informasi yang beragam, juga dari beragam orang. Memang hal ini memiliki tantangan tersendiri; dimana kita harus bisa dengan cermat memilah dan menavigasi banyaknya informasi yang tersedia. Akan tetapi, YouTube sebagai medium yang memungkinkan kita untuk memeroleh informasi dari berbagai orang dalam seketika adalah sesuatu hal yang revolusioner,” ujar Najwa ketika ditanya akan peran dan pentingnya YouTube di masa kini. 

Seribu Kartini
Youtube Indonesia berikan penghargaan Diamond Creator Award kepada Najwa Shihab, Jumat (19/4).

Di kesempatan yang sama Putri Ariani membagikan ceritanya mengenai Kartini versinya dan juga bagaimana ia dapat berkembang melalui YouTube.

“Hal ini yang mendorong saya untuk mengekspresikan diri melalui beragam tipe konten, mulai dari vlog, podcast, hingga lagu – lagu yang saya ciptakan sendiri. YouTube memiliki peran yang sangat besar yang memungkinkan saya untuk melakukan semua ini, sehingga karya-karya Putri bisa di nikmati oleh banyak orang,” ungkap Putri.

Seribu Kartini
Putri Ariani dan Najwa Shihab dalam acara Seribu Kartini, Jakarta.

Putri menyatakan bahwa dirinya juga baru saja merilis sebuah lagu terbaru di Youtube bertajuk “Teruskan Langkah Baikmu”. Lagu ini ditujukan untuk menginspirasi para perempuan bahwa dibalik setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, semuanya pasti akan indah pada waktunya.

Lebih lanjut, Google Play juga telah menyoroti aplikasi Tentang Anak dalam halaman #MadeInIndonesia bulan ini. Merupakan aplikasi kehamilan dan parenting yang memiliki fitur lengkap mulai dari pemantauan tumbuh kembang, skrining autisme & perkembangan, akses gratis ke dokter anak, hingga platform terkurasi untuk produk anak.

Kemudian, ada juga aplikasi lokal menarik lainnya yang berfokus untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi perempuan Indonesia, mendorong mereka untuk berjuang demi diri sendiri dan masyarakat di sekitar mereka.

“Kami harap kita semua dapat berkontribusi untuk meneruskan semangat Kartini, memperjuangkan perubahan yang kita inginkan di dunia. Bersama-sama, kita dapat mengupayakan masa depan yang sepenuhnya menghormati dan merayakan peran dan hak perempuan,” tandas Olavina.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan