Bersama Dekranasda DKI, Tokopedia Dukung UMKM Lokal

0
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Jelang hari jadi Jakarta ke-495, Tokopedia dan Dekranasda DKI dukung kemajuan UMKM Lokal, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Tentunya dalam menjadi wadah mengembangkan bisnis mereka.

Salah satu wujud dukungan yang dilakukan ialah meluncurkan toko JakArtisan bersama Dekranasda, memberi pelatihan Kelas Maju Digital untuk UMKM. Termasuk menggelar produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang hadir setiap hari Jumat di Tokopedia Play.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” jelas Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati.

Dakara Indonesia dan Sancraft, merupakan contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis.

Tokopedia

Dakara Indonesia, Berdayakan Ibu-ibu Rusun untuk Lestarikan Tenun Modern

Seluruh bahan busana bertema etnik yang digunakan Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik. Pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama menyampaikan, “Lewat Dakara, kami membuat tenun lebih modern agar bisa diterima semua kalangan, termasuk anak muda.”

“Kami mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup. Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya. Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga,” ujarnya.

Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia 90% berasal dari Tokopedia.

Tokopedia

Sancraft, Angkat Keunikan Indonesia melalui Ilustrasi

Pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie, memulai usaha setelah ia mendapatkan respon positif dari rekannya saat menghasilkan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft. “Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes,” ujar Sanjung.

Tokopedia

Pandemi menjadi tantangan Sanjung dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50%. “Sancraft bergabung di Tokopedia pada 2020 dan berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat bahwa antusiasme masyarakat dalam dukung UMKM DKI Jakarta sangat tinggi. Hal tersebut dilihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibanding tahun sebelumnya.

Tokopedia juga turut mencatat tren kenaikaln jumpal penjual dan pembeli di DKI Jakarta. Dimana tercatat wilayah Jakarta selatan menyumbang jumlah penjual paling tinggi sementara Jakarta Timur menyumbang pembeli dan transaksi tertinggi selama kuartal II 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini