Samsung Galaxy S9 vs Apple iPhone X: Mana yang terbaik?

0
samsung s9 vs iphone x

Diva says – Apple dan Samsung telah mengobarkan persaingan di ruang smartphone selama bertahun-tahun, dan pertempuran baru-baru ini antara iPhone X dan Galaxy S8 bisa dibilang pertarungan terbaik sampai saat ini. Nah, sampai sekarang Samsung sudah selangkah lebih maju dengan merilis Galaxy S9 terbarunya.

iPhone X dan Galaxy S9, keduanya memiliki desain layar-sentris, namun Galaxy S9 memilih sedikit bezel di bagian atas dan bawah, sementara layar itu sendiri melengkung di kedua sisinya. Sementara itu, iPhone X memiliki north yang terkenal di bagian atas ponsel, namun sisi positifnya yaitu ada bezel kecil jika layar mengisi keseluruhan tampilan depan.

Keduanya terlihat mewah dengan desain yang elegan. Galaxy S9 pada dasarnya identik dengan edisi tahun lalu, selain memperbaiki penempatan sensor sidik jari yang kikuk dari sebelumnya. Sementara itu, iPhone X masih terasa eksis dengan FACE ID unggulan miliknya.

Galaxy S9 tidak membuat lompatan besar dari layar Super AMOLED Quad HD 5.8in di Galaxy S8. Layar Galaxy S8 bisa dibilang yang terbaik sekitar tahun lalu dan Galaxy S9 yang satu ini mendapat sekitar 20% lebih terang dan memiliki akurasi warna yang lebih baik dari sebelumnya. Kabarnya layar pada ponsel ini diklaim sebagai standar baru untuk layar smartphone kedepan.

Bicara soal layar, layar OLED Apple ini sedikit lebih rendah pada resolusi (ini 1125p dibandingkan dengan 1440p, atau 458ppi vs 571ppi), namun terlihat simple secara langsung, ditambah warnanya yang spektakuler dan teknologi True Tone membuat ponsel ini tetap terlihat hidup. Ponsel ini juga memiliki sensitivitas tekanan Sentuhan 3D walaupun bukan peningkatan terbesar bagi Apple, namun ini gak kalah bermanfaat kok.

Galaxy S9 mengeluarkan sebuah smidge depan berkat resolusi yang lebih tinggi. Kamera Galaxy S8 yang diluncurkan sebelumnya sangat bagus, namun fitur baru yang terdapat pada Galaxy S9 ini cukup menarik perhatian lho. Pasalnya standar Galaxy S9 menempel dengan sensor kamera belakang 12 megapiksel tunggal, namun sekarang memiliki aperture f / 1.5 yang lebih lebar untuk menarik beban lebih banyak cahaya. Kamu pasti akan melihat perbedaan pada potretan rendah cahaya, yang secara signifikan lebih jelas dan tajam kali ini.

Galaxy S9 menghadirkan fitur aperture baru yang mudah disesuaikan, yang secara otomatis bergeser ke f / 2.4 bila ada cukup cahaya untuk pengambilan gambar, sehingga memungkinkan pemaparan lebih baik dan lebih detail. Kamu juga dapat mengontrol saklar secara manual dalam mode Pro lho. Selain itu, rekaman video slow motion 960 frame per detik juga cukup menarik perhatian kamu untuk segera memiliki smartphone ini pastinya.

Sementara itu, iPhone X menggunakan pengaturan dual-camera, dengan sepasang sensor 12MP: sudut lebar pada f / 1.8 dan telephoto pada f / 2.4. kamu bakal melihat lebih banyak warna jenuh, banyak rentang dinamis, dan garing berkat stabilisasi gambar optik pada kedua sensor. Tapi kamu gak perlu ragu nih dengan hasil foto yang diciptakan primadonanya smartphone ini karena secara keseluruhan hasilnya luar biasa dan kamu juga sudah pasti mendapatkan fasilitas dual-kamera iPhone X, seperti gambar potret buram dan efek bokeh yang keren.

Gak bisa dipungkiri deh secara keseluruhan, persaingan antara Iphone X dan Galaxy S9 ini sangat ketat. Jadi, inilah satu area di mana Apple mempertahankan keunggulannya, setidaknya jika menyangkut statistik patokan mentah. Chip A11 Bionic iPhone X yang mutlak, menjulang di atas kompetisi Android tahun lalu dengan selisih dramatis. Skor Geekbench menunjukkan kinerja single core sebesar 4,204 dan kinerja multi-core sebesar 10,112.

Geekbench belum menambahkan nilai untuk chip Exynos 9810 Galaxy S9 yang baru di Inggris, atau chip Qualcomm Snapdragon 845 yang digunakan di Amerika Serikat. Namun AnandTech melakukan uji coba sendiri terhadap perangkat tersebut dan iPhone X hadir di setiap tes yang ada di dalamnya, yang berada di atas kedua varian Galaxy S9.

Baik iPhone X maupun Galaxy S9 memiliki handset super cepat yang bisa menangani apa pun yang kamu pindahkan dengan cepat, baik itu aplikasi, permainan, media, atau multitasking. Tapi iPhone X memiliki lebih banyak kekuatan untuk dimainkan secara keseluruhan, dan sepertinya perangkat keras dan perangkat lunak Apple yang terpadu benar-benar membayar dividen dengan benar saat ini.

IPhone X menang pada kekuatan pemrosesan, sementara Galaxy S9 hadir sedikit di depan pada kualitas layar, sementara desainnya bersifat subjektif (keduanya indah) dan pertarungan kamera cukup ketat untuk digunakan.

Dilansir dari laman StuffTv, Samsung memiliki banyak fasilitas yang tidak dimiliki Apple segingga pilihan yang lebih baik bagi kebanyakan pembeli yang memberikan pengalaman andalan top-tier untuk harga yang lebih murah dari pada Iphone X. Galaxy S9 adalah smartphone favorit  yang baru di dunia digital yang  sedikit menggeser iPhone X terdahulu.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan