Review Lenovo IdeaPad Flex 5i: Si Flexibel Cocok untuk Produktivitas Seharian

0
Lenovo IdeaPad Flex 5i
Lenovo IdeaPad Flex 5i

Gadgetdiva.id – Laptop kini menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan kita sehari-hari. Apalagi, laptop tersebut hadir dengan desain fleksibel dan dapat beralih fungsi sebagai tablet, seperti Lenovo IdeaPad Flex 5i. 

Tak hanya hadir dengan desain 2-in-1 alias dapat diubah menjadi tablet, Lenovo IdeaPad Flex juga telah dilengkapi dengan berbagai keunggulan yang menyokong performanya. Mulai dari prosesor, baterai dan kecepatan pengisian daya hingga kenyamanan mata saat menatap layar berjam-jam. 

Tim Gadgetdiva berkesempatan untuk mencoba perangkat Lenovo IdeaPad Flex 5i dalam waktu sekitar satu bulan. Berikut adalah review saya saat menggunakan laptop tersebut. 

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Desain dan layar 

Dari segi desain, hal pertama yang menarik perhatian saya ialah layarnya yang dapat dilipat hingga 360 derajat. Engsel laptop tetap kokoh, meski telah dilipat berkali-kali dan proses melipatnya pun terasa smooth. 

Lenovo Ideapad Flex 5i versi layar 14 inci ini hadir dalam tiga warna pilihan, yakni Arctic Grey, Abyss Blue dan Stone Blue. Dalam kesempatan ini, saya kedapatan warna Abyss Blue. Warna kalem dan lembut, kebetulan memang merupakan warna favorit saya. 

IdeaPad Flex 5i hadir dengan ketipisan sebesar 17,4mm dan berat 1,5kg. Sayangnya, masih sangat berat untuk dibawa sehari-hari, apalagi bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan harus berpindah-pindah transportasi umum. 

Beralih ke layar, IdeaPad flex 5i membawa layar touchscreen dengan panel OLED berukuran 14 inci. Layarnya dirancang dengan tipis dan dilengkapi oleh refresh rate 60Hz, kecerahan layar hingga 250nits serta rasio bodi ke layar 16:10. Plus, telah dilengkapi dengan sertifikasi TUV Low Blue Light yang membuat mata terasa nyaman saat digunakan untuk berjam-jam.

Dengan layar yang dapat dilipat ini, kita dapat melakukan segala aktivitas dengan lebih mudah. Mulai dari membaca maupun menonton. Sehingga, nyaman banget digunakan khususnya bagi para kaum rebahan. Apalagi, layarnya sudah dilengkapi dengan resolusi Full HD. 

Kendati demikian, layar sulit dilihat saat digunakan di luar ruangan. Hal tersebut disebabkan karena IdeaPad Flex 5i hanya membawa tingkat kecerahan maksimum 250 nits. Lain halnya saat digunakan dalam kondisi cahaya yang minim, layar menampilkan kecerahan yang ideal. 

Pada panel atas layar terdapat kamera webcam 720HD yang membawa fitur penutup Lenovo Privacy Shutter. Fungsinya untuk melindungi privasi penggunanya dengan memungkinkan mereka menutup webcam saat tidak digunakan. 

Layar touchscreen-nya ini dilengkapi dengan pena stylus Lenovo Digital Pen dengan modul cantolan yang dapat dipasang pada salah satu port USB. Kelebihan dari aksesoris ini ialah dapat dilepas pasang dan disesuaikan dengan kebutuhan, plus cukup membantu supaya pena tidak hilang.

Salah satu kelebihan yang dibawa oleh layarnya ini ialah fitur multi sentuhan dan gestur 10 titik sentuhan jari. Sehingga, layar terasa lebih responsif saat disentuh oleh jari maupun stylus. 

Port dan Konektivitas

Lenovo IdeaPad Flex 5i hadir dengan port yang lengkap dan cukup memadai. Empat port di sisi kiri dan tiga port di sisi kanan yang memiliki fungsi berbeda. 

Pada sisi kiri bodi, terdapat port DC-in untuk mengisi daya, HDMI, USB Type-C dan dukungan fitur Power Delivery, lubang jack audio 3.5mm dan tombol Lenovo One Key Recovery. Sedangkan, di sisi kanannya, terdapat dua port USB 3.1 Type-A yang mendukung fitur Always On untuk isi ulang baterai perangkat lain dan slot pembaca memori SD Card. 

Di sisi samping bodi terdapat dua speaker dengan fitur Dolby Audio yang sejajar dengan keyboard. Menghadirkan suara yang jernih, sehingga membawa pengalaman imersif apalagi saat digunakan untuk menonton film dan mendengarkan lagu. 

Laptop ini membawa desain keyboard dengan gaya chicklet yang merupakan ciri khas dari laptop Lenovo. Jarak antar tuts dibuat sangat pas dengan jari, plus tidak terlalu rata dengan bodi. Sehingga, nyaman digunakan saat mengetik dalam kurun waktu yang lama. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Bahan yang digunkan pada keyboard juga halus saat bersentuhan dengan jari dan lumayan responsif. Hanya saja, tombol navigasi panah atas page up dan panah bawah page down memiliki ukuran yang kecil. 

Oiya, keyboardnya juga telah dilengkapi oleh lampu backlit berwarna putih. Memungkinkan pengguna tetap nyaman mengetik meski dalam ruangan yang minim cahaya. Menariknya lagi, kecerahan lampunya juga dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan. 

Bagaimana dengan trackpad-nya? Trackpad pada Lenovo IdeaPad Flex 5i ini sangat responsif dan nyaman saat digunakan untuk menggerakkan kursor. Tombol kiri dan kanananya didesan menyatu, namun tetap nyaman saat ditekan. 

Performa

Lenovo IdeaPad Flex 5i hadir dalam beragam konfigurasi prosesor Intel Core generasi ke-10. Di antaranya, Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7. 

Nah, untuk laptop yang saya review ini menggunakan prosesor intel Core i5 dengan RAM 16GB. Sedangkan, ruang penyimpanannya menggunakan SSD M.2 PCIe dengan kapasitas sebesar 512GB. Sayangnya, RAM dan ruang penyimpanan tersebut tidak dapat ditambah. 

Berkat spesifikasi yang dibawanya ini, performa yang dihadirkannya pun tidak mengecewakan. Laptop ini sangat memumpuni produktivitas sehari-hari. Mulai dari mengolah dokumen, browsing menggunakan browser hingga puluhan window, menonton netflix hingga memutar video Youtube dengan resolusi 4K. Seluruh aktivitas tersebut dapat dijalankan secara bersamaan dengan mulus tanpa lag. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Ketika digunakan untuk berbagai aktivitas secara bersamaan pun IdeaPad Flex 5i tidak mudah panas. Meski, kipasnya nya selalu menyala saat perangkat digunakan untuk mengerjakan tugas yang sedikit berat. 

Untuk mengelola kinerja sistem pendingin laptop, Paradiva dapat mengaktifkan mode Intelligent Cooling baterry Saving. Fungsinya untuk mereduksi panas pada bagian bawah bodi perangkat, namun dalam keadaan senyap. 

Hanya saja, saat digunakan untuk Zoom meeting sambil mengisi daya, Lenovo IdeaPad Flex 5i cenderung nge-lag bahkan sampai harus di-restart. Hal ini mungkin terjadi karena bawaan aplikasi yang memang harus diunduh ulang atau pembaruan sistem operasi yang baru. Semoga, masalah ini bisa teratasi di generasi selanjutnya. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i membawa fitur kamera webcam 720p HD. Dengan konfigurasi tersebut, kamera ini sudah sangat mumpuni untuk digunakan saat Zoom meeting, memotret foto maupun merekam video diri sendiri. 

Baterai 

Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan dari Lenovo IdeaPad Flex 5i. Laptop membawa kapasitas sebesar 52.5WHr yang dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat Rapid Charge Boost. Dengan adanya teknologi tersebut, perangkat dapat mengisi daya hingga 100% kurang dari 1 jam. 

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan laptop IdeaPad Flex 5i selama satu bulan, laptop ini tergolong hemat daya dan tidak boros. Hanya satu kali pengecasan dan laptop dalam mode power saving, perangkat dapat bertahan hingga 6-7 jam untuk mengolah dokumen, mendengarkan musik dan memutar video Youtube. 

Lenovo Digital Pen

Lenovo IdeaPad Flex 5i ini dilengkapi dengan aksesoris tambahan, yakni Lenovo Digital Pen ialah sebuah stylus yang dapat digunakan pengguna untuk menulis maupun menggambar di atas layar laptop. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Tingkat sensitivitas yang dibawa oleh Lenovo Digital Pen mencapai 4096 tingkatan yang dapat diatur melalui aplikasi Lenovo Pen Settings. Saat digunakan untuk orat-oret sederhana, stylus ini membawa pengalaman yang natural layaknya menggunakan pensil. Ada pula fitur palm rejection yang dapat membuat layar bebas dari sidik jari saat digunakan untuk menggambar maupun menulis. 

Lenovo Digital Pen menggunakan baterai AAAA. Baterainya sendiri dapat diganti dengan mudah. Yakni, cukup dengan cara membuka bagian penutup atas pada stylus tersebut. 

Kesimpulan

Dengan harga sekitar Rp 9 jutaan, laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i ini sangat cocok menjadi daily driver kamu. Perangkat sudah membawa desain 2-in-1 yang tak hanya dapat diadikan sebagai laptop, namun juga tablet. Kemudian, engsel fleksibelnya ini juga dirancang kokoh serta dibalut dengan desain yang premium. 

Laptop ini cocok banget buat kamu yang lagi skripsian maupun sudah mulai kerja. Di samping, memang bobot perangkat cukup berat untuk dibawa kemana-mana. Apalagi, mobilitasmu tinggi yang mengharuskanmu berganti moda transportasi umum.

Kendati demikian, Lenovo IdeaPad Flex 5i dirancang sedemikian rupa supaya nyaman saat digunakan oleh penggunanya. Mulai dari keyboard, trackpad, layar hingga kapasitas baterai dan teknologi pengisian dayanya yang juara. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan