Gmail punya Dark Theme, begini cara mengaktifkannya

0
dark theme gmail

Belakangan ini fitur Dark Mode atau Dark Theme pada smartphone menjadi sangat populer. Walaupun fitur Dark Mode atau Dark Theme ini sudah lebih dulu di terapkan perusahaan Google untuk tampilan Google Chrome kemudian diikuti aplikasi Facebook, WhatsApp, maupun Instagram.

Tak ketinggalan, Google juga menerapkan Dark Mode atau disebut Dark Theme ini pada latar tampilan Gmail. Kemampuan fitur ini menampilkan tema gelap pada layar ponsel, sehingga mengurangi ketegangan pada mata dan sekaligus menghemat daya baterai perangkat.

Untuk mengaktifkan fitur Dark Theme ini, paradiva perlu tau caranya seperti di bawah ini.

Aktifkan mode gelap di aplikasi seluler Gmail

Jika kamu sudah menggunakan smartphone yang didukung Android 10 atau iOS 13 dan Dark Mode dihidupkan pada sistem, aplikasi Gmail akan secara otomatis menyesuaikan ke mode gelap. Namun, paradiva juga dapat menyalakannya secara terpisah di aplikasi seluler Gmail. Nah, begini caranya:

Pengguna Android

  • Pada aplikasi Gmail di ponsel kamu, klik menu hamburger di sudut atas
  • Gulir ke bawah dan klik pengaturan.
  • Klik pengaturan umum
  • Di bagian atas, klik Tema.
  • Klik Gelap (atau, jika kamu telah menetapkan tema gelap sebagai default sistem kamu, ketuk Standar sistem).

Jika perangkat smartphone kamu mendukung Android 10, kamu dapat mengatur tema gelap sebagai default sistem pada perangkat, dan kemudian semua aplikasi yang didukung mengadopsi sistem default akan secara otomatis menjadi gelap.

Cukup buka Pengaturan> gulir ke bawah dan klik pada opsi Tampilan> dan klik pada tema Gelap. Gmail, secara default, akan otomatis merespons pengaturan default sistem ini.

Pengguna iPhone

  • Di aplikasi Gmail, ketuk menu hamburger di sudut atas.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan.
  • Klik Tema.
  • Kemudian klik Gelap.

Jika perangkat kamu sudah menjalankan iOS 13, kamu dapat mengatur tema gelap sebagai default sistem pada perangkat, dan kemudian semua aplikasi yang mengadopsi sistem default akan secara otomatis menjadi gelap.

Cukup buka Pengaturan> buka Display dan Brightness> dan Klik Gelap untuk beralih ke mode Gelap. Jika kamu menjalankan versi iOS yang lebih lama, buka Pengaturan di aplikasi Gmail> lalu Tema> dan pilih “Gelap” Gmail, secara default, akan secara otomatis merespons pengaturan default sistem.

Lalu, kapan mode gelap Gmail tersedia? Google dark mode sedang dirilis dalam periode “perpanjangan peluncuran” seperti pada Android, peluncuran dimulai pada 24 September dan harus tersedia untuk semua pengguna pada akhir Oktober 2019.

Nah, untuk pengguna iOS cukup sama dengan pengguna Android, peluncuran dimulai pada 24 September dan tersedia untuk pengguna pada akhir Oktober 2019.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan