Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Wajib pakai masker sekarang, ini masker berkualitas bagus!

    Berdasarkan imbauan pemerintah terkait pencegahan wabah Covid-19 saat ini, masyarakat di wajibkan menggunakan masker. Namun masyarakat masih saja kebingungan memilih masker yang tepat untuk digunakan.

    Dimuat sebelumnya pada lama Kompas, Masyarakat diminta menggunakan masker kain 3 lapis untuk upaya pencegahan penularan dan penyebaran Coronavirus yang disampaikan Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, melalui tayangan Youtube BNPB Indonesia pada Minggu 5 April 2020 kemarin.

    Pada kesempatan itu, Wiku menunjukkan masker yang terbuat dari kain polos dengan 3 lapisan tapi tidak dijelaskan secara rinci bahan lapisan tersebut. Jika dilihat dari fisiknya, masker ini terdiri dari dua lapisan kain yang dibagian tengahnya bisa diselipkan tisu sebagai filter yang tentunya bisa diganti setiap saat.

    Melalui akun Youtube BNPB Indonesia, Wiku mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, masker kain 3 lapis ini efektif menangkal virus. “Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen.”

    Dalam pemakaian masker kain ini, masyarakat dianjurkan untuk menggantinya dan mencuci secara rutin. Untuk itu masyarakat perlu memiliki minimal 3 masker kain untuk digunakan secara bergantian.

    Jenis-jenis masker yang perlu digunakan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Corona ini sebenarnya ada tiga jenis masker berdasarkan penjelasan Wiku, yaitu yang pertama masker kain yang bisa digunakan oleh masyarakat. Kedua masker bedah yang digunakan tenaga kesehatan dan mereka yang kontak dengan pasien. Dan yang ketiga, masker N95, yang hanya digunakan oleh tenaga medis yang menangani pasien dengan kategori infeksius tinggi.

    Wiku juga mengingatkan, langkah pencegahan dengan menggunakan masker kain 3 lapis harus diikuti dengan upaya lainnya yang selama ini disampaikan pemerintah. seperti langkah selalu mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah terutama bagian mata, mulut, dan hidung. Kemudian tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak di luar rumah, dan selalu ingat jaga jarak aman 1 hingga 2 meter.

    Seperti yang dikatakan Wiku, solusi terbaik melawan Covid-19 adalah dengan disiplin individu dan kolektif dalam menerapkan imbauan-imbauan tersebut.

    Imbauan pemerintah agar masyarakat menggunakan masker kain 3 lapis ini didasari oleh rekomendasi terbaru Badan Kesehatan Dunia (WHO). WHO mengubah rekomendasinya dengan menyarankan semua orang mengenakan masker. Sebelumnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya oleh mereka yang sakit, petugas medis, dan mereka yang merawat orang sakit.

    Baca juga, Waspada! Penipuan penjualan masker beredar, begini tips antisipasinya

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json