News

Pandemi COVID-19, Film Streaming bisa masuk nominasi Oscar 2021

post-img

Source : gadgetDiva

Oscar 2021 memungkinkan film streaming dapat memenuhi syarat jadi nominasi dalam acara tersebut. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang membuat beberapa film awal tahun dirilis lewat platform streaming online.

Peraturan terbaru ini disampaikan pada hari selasa (28/4) oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences dalam sebuah pertemuan. Sebelumnya, syarat kualifikasi yang harus dipenuhi film agar lolos Oscar adalah film harus sudah ditayangkan minimal tujuh hari di Los Angeles.

Pembaruan Apple permudah buka lockscreen tanpa FaceID

Namun, mengingat situasi saat ini tidak memungkinkan untuk perilisan film secara teater komersial di bioskop, beberapa film harus ditunda dan ada juga yang dirilis secara digital pada platform film streaming. Maka dari itu, Dewan gubernur dari The Academy of Motion Picture Arts and Science memutuskan untuk film yang telah dirilis secara online harus memiliki perencanaan rilis bioskop sebelumnya. Jadi, tidak berarti semua film yang menyediakan film streaming bisa mendaftarkan diri dalam perhelatan Oscar.

“Academy yakin tidak ada jalan yang lebih baik daripada merasakan keajaiban suatu film dari menontonnya di bioskop,” ujar David Rubin selaku presiden Academy dan Dawn Hudson selaku CEO dalam siaran pers yang dilansir oleh The Verge.

“Komitmen kami tidak berubah dan tergoyahkan. Meskipun begitu, pandemi COVID-19 yang secara historis dan tragis ini mengharuskan kami melakukan pengecualian sementara waktu dalam mengatur kelayakan penghargaan kami,” tambahnya.

Mereka juga menyatakan bahwa ini adalah solusi sementara untuk Oscar. Setelah bioskop kembali dibuka, studio yang ingin film mereka memnuhi syarat harus merilisnya kembali ke bioskop setidaknya selama tujuh hari. Sementar itu, Academy memperluas jumlah teater yang memenuhi syarat di luar Los Angeles untuk memasukkan New York, San Fransisco, Chicago, Miami dan Atlanta. Hal tersebut dikarenakan lanskap bergeser di sekitar pandemi global yang disebabkan oleh COVID-19.

Baca juga, 10 Program Netflix ini masih dalam proses produksi


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Pengguna Microsoft Teams melonjak 70 persen tembus 75 juta
News

Pengguna Microsoft Teams melonjak 70 persen tembus 75 juta

Microsoft melaporkan bahwa bulan lalu pengguna aktif Microsoft Teams meningkat menjadi 44 juta pe..

Pembaruan Apple permudah buka lockscreen tanpa FaceID
News

Pembaruan Apple permudah buka lockscreen tanpa FaceID

Sistem pembaruan Apple dari iOS 13 yang terbaru memiliki sejumlah pengembangan. Salah satunya dal..

TikTok tembus 2 miliar pengunduh di dunia
News

TikTok tembus 2 miliar pengunduh di dunia

TikTok tembus 2 miliar pengunduh di seluruh dunia selama pandemi. Hal tersebut dikabarkan oleh pl..

Pengguna meningkat saat pandemi, Facebook melihat tidak ada kepastian
News

Pengguna meningkat saat pandemi, Facebook melihat tidak ada kepastian

Pengguna Facebook meningkat sejak pandemi COVID-19. Jejaring sosial tersebut telah melihat lonjak..


;