Qualcomm Rilis Chipset untuk Laptop, Snapdragon X Plus

0
Snapdragon X Plus
Workspace with computers and landscaping, beautiful Bangkok city views.

Gadgetdiva.id — Qualcomm resmi merilis chipset terbaru yang dirancang untuk penggunaan AI pada laptop. Chipset tersebut adalah Snapdragon X Plus.

Snapdragon X Plus dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbassis AI on-device. Chipset ini menggunakan Qualcomm Hexagin NPU yang mampu mencapai 40 TOPS yang diklaim tercepat di dunia untuk laptop.

Tak hanya itu, Snapdragon X Plus juga turut dilengkapi oleh CPU Qualcomm Oryon yang terintegrasi khusus dengan kinerja CPU hingga 37% lebih dengan konsumsi daya 54$ lebih efisien. Kinerja CPU ini ditetapkan sebagai standar baru dalam komputasi seluler.

“Platform Snapdragon X Series menghadirkan pengalaman terdepan dan siap merevolusi industri PC. Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner,” ungkap SVP and General Manager of Compute and Gaming Qualcomm Technologies Kedar Kondap dalam pernyataan resminya dikutip pada Kamis (25/4).

Lantas, apa saja sih keunggulan yang dibawa oleh Snapdragon X Plus? Simak ulasannya ya, Paradiva!

Keunggulan Chipset Snapdragon X Plus

Snapdragon X Plus

Seiring peluncuran Snapdragon X Plus, Qualcomm Technologies memperkenalkan serangkaian aplikasi dan fitur baru yang dioptimalkan oleh AI yang berjalan pada 45 TOPS NPU, termasuk:

  • Pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, untuk membantu programmer menghasilkan kode baru secara instan melalui AI generatif pada perangkat.
  • Pembuatan musik di Audacity yang menggunakan Riffusion AI secara langsung on-device, yang mampu menghasilkan musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada sebelumnya.
  • Subtitle langsung di OBS Studio, yang mampu menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda menggunakan Whisper di perangkat. Fungsi ini mampu dioperasikan secara real-time selama streaming berlangsung.

Sementara itu, para OEM diperkirakan akan meluncurkan PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Plus bersama dengan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite mulai pertengahan tahun 2024.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan