CEO OpenAI Sam Altman Mundur dari Pemilik OpenAI Startup Fund

0
Sam Altman
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Sam Altman telah resmi mundur dari pemilik OpenAI Startup Fund. Perusahaan menghapus kepemelikannya atas dana startup tersebut.

OpenAI telah mengubah struktur tata kelola dana modal ventura yang mendukung startup AI ini. Sehingga, Chief Executive OpenAI Sam Altman tak lagi memiliki atau dapat mengendalikan dana tersebut.

Informasi ini ditemukan melalui pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) yang dikutip oleh Reuters. Perubahan ini didokumentasikan pada 29 Maret dan terjadi setelah kepemilikan SAm Altman atas OpenAI Startup Fund menimbulkan pertanyaan akibat strukturnya yang tak biasa.

Meskipun dipasarkan mirip dengan cabang perusahaan ventura, dana tersebut dikumpulkan oleh Altman dari mitra terbatas di luar. Sehingga, keputusan investasi berada di tangannya.

OppenAI menyatakan kalau Altman tak memiliki kepentingan finansial dalam dana tersebut. Meksipun, ia memiliki kepemilikan.

Perubahan kepemilikan ini pertama kali disampaikan oleh Axios pada Senin (1/4) lalu. Dalam sebauh pernyataan, juru bicara OpenAI menyatakan bahwa struktur general partner (GP) awal dana tersebut adalah pengaturan sementara.

Kemudian, perubahan ini memberikan kejelasan lebih lanjut. OpenAI Startup Fund diketahui menginvestasikan dana sebesar USD 175 juta yang diperolah dari OpenAI seperti Microsoft, meskipun OpenAI bukanlah investor.

Menurut pengajuan tersebut, kontrol dana telah dialihkan ke Ian Hathaway, mitra di dana tersebut sejak 2021. Sedangkan, Altman tak akan lagi menjadi mitra umum dalam dana tersebut.

OpenAI menyatakan bahwa Hathaway telah mengawasi program akselerator dana tersebut dan memimpin nvestasi di beberapa perusahaan. Di antaranya ialah Harvey Cursor dan Ambience Healthcare.

Altman, mantan presiden di akselerator startup Y Combinator, sebelumnya telah menarik perhatian pada minat investasinya yang luas di luar OpenAI. Mulai dari startup crypto Worldcoin hingga perusahaan fusi Helion Energy, serta kegiatan penggalangan dana di Timur Tengah.

OpenAI menyatakan penyelidikan independen setelah pemecatan SAm Altman yang dramatis terhadap perusahaan November lalu menyimpulkan bahwa dia tidak melakukan kesalahan dalam hal keamanan produk maupun keuangan di perusahaan tersebut.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan