Mira Murati Pastikan Generatif AI Sora Bakal Rilis Tahun Ini

0
Sora
Foto: OpenAI

Gadgetdiva.id — Platform generatif AI teks to video besutan OpenAI, Sora, dipastikan bakal meluncur tahun ini. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Head of Technlogy Open AI, Mira Murati.

Dalam sebuah wawancara, Mira menyatakan bahwa Sora akan tersedia “tahun ini”. Bahkan, bisa jadi beberapa bulan mendatang.

Sora
Foto: Business Insider

Kendati belum diketahui kapan tepatnya Sora akan dilincurkan, Mira Murati menyatakan bahwa OpenAI memiliki rencana untuk menambahkan fitur audio ke platform tersebut. Memungkinkan adegan dalam hasil video menjadi lebih realistis.

OpenAI juga nantinya akan memungkinkan pengguna untuk mengedit konten dalam video yang diproduksi oleh Sora. Sebab, alat AI tersebut tak selalu menghasilkan gambar yang akruat.

“Kami mencoba mencari cara menggunakan teknologi ini sebagai alat yang dapat diedit dan dibuat oleh semua orang,” kata Mira dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal dikutip dari The Verge, Kamis (14/3).

Mengenal Sistem Sora yang dikembangkan oleh OpenAI

Dalam melatih generatif AI termutakhirnya ini, Mira menyatakan bahwa OpenAI banyak bekerja sama dengan Shutterstock untuk menggunakan konten mereka. Dia juga menyatakan data yang digunakan saat melatih sistem ini tersedia untuk umum atau data berlisensi.

Mira juga mengaku biaya pengembangan generatif AI terbarunya ini jauh lebih mahal dalam segi daya. Namun, OpenAI mencoba alat ini tersedia dengan biaya yang sama dengan model DALL-E, model teks-ke-gambar AI, ketika platform ini dirilis ke publik.

Di samping itu, Mira menyatakan bahwa generatif AI ini kemungkinan tidak akan dapat menghasilkan video tokoh publik saat dirilis nanti. Video juga akan disertai dengan watermak guna membedakannya dengan video asli.

Sora

Hal tersebut dilakukan untuk menjawab kekhawatiran pengguna di masa pemilu 2024 AS mendatang. Mereka khawatir generatif AI seperti Sora ini akan disalah gunakan untuk menyebarkan informasi yang salah.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan