Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran ala Tokopedia

0
Tips Kembalikan Pola Makan Sehat

Gadgetdiva.id — Tokopedia bagikan tips pola makan sehat usai lebaran berdasarkan rekomendasi dari ahli gizi. Tips tersebut dibagikan pada acara virtual yang digelar pada hari ini (12/5).

Tips kembalikan pola makan sehat setelah lebaran ini dibagikan karena kategori makanan minuman menjadi salah satu yang paling laris di Tokopedia. Hal tersebut dikarenakan selama ramadan, masyarakat telah memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia Ramadan Ekstra.

Tips Kembalikan Pola Makan Sehat

Tak hanya, kategori makanan minuman saja, namun juga fesyen dan rumah tangga menjadi kategori favorit masyarakat. 

“Madu, kue kering dan kopi adalah produk makmin terlaris di Tokopedia Nyam!. Sedangkan mie instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia NOW!,” tambahnya. 

Di sisi lain, penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat.

Tips Kembalikan Pola Makan Sehat

Tips Kembalikan Pola Makan Sehat ala Tokopedia

Kembali ke tips kembalikan pola makan sehat setelah lebaran yang direkomendasikan oleh seorang ahli gizi. Yakni, dr. Elfina Rachimi, MGizi, SpGK.

Setidaknya ada lima tips yang dapat Paradiva terapkan. Khususnya, bagi kamu yang melaksanakan puasa dan lebaran tahun 2022 ini. Berikut adalah tipsnya:

Tips Kembalikan Pola Makan Sehat

  1. Perhatikan Konsumsi Gula, Garam dan Minyak – Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Selain itu, cek pula kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.
  2. Prinsip Diet – Ikuti pola makan sehat 4J: Jumlah, Jadwal, Jenis dan Jurus Masak. Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi, seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. Menggoreng sebaiknya maksimal 2 kali seminggu. 
  3. Pemilihan Jenis Makanan – Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi. Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal. Pilih lemak dari sumber lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Perhatikan juga asupan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahann.
  4. Pemenuhan Cairan – Pastikan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium.
  5. Aktivitas dan Latihan Fisik – Target olahraga sebaiknya 3-5 kali seminggu. Mulai lah dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang telah lama tidak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini