Sunday, 17 January 2021

Samsung Bakal Rilis Remote Televisi Bertenaga Surya di tahun 2021

Selain serangkaian televisi baru, Samsung juga telah mengumumkan remote control yang lebih ramah lingkungan. Solar Cell Remote Control atau Remote Televisi bertenaga surya dapat...
More

    Latest Posts


    Kenali Perbedaan Teknologi Televisi ini, Format HDR dan Dolby Vision

    Dari semua teknologi televisi baru yang muncul selama beberapa tahun terkahir, tidak ada yang berdampak besar pada kualitas gambar secara keseluruhan seperti High Dynamic Range, atau yang disebut dengan Format HDR. Jika diterapkan dengan benar, HDR dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas gambar.

    Menurut Digital Trends, teknologi ini lebih berdampak daripada perpindahan resolusi Full HD (1080p) ke 4K Ultra HD atau bahkan resolusi 8K. Namun, tidak semua HDR diciptakan sama.

    Faktanya, HDR adalah istilah umum yang mengacu pada beberapa teknologi yang berbeda dan kompetitif. Yang paling terkenal adalah Dolby Vision.

    Dolby Labs telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memasarkan Dolby Vision sebagai platformnya sendiri, banyak konsumen bahkan tidak menyadari bahwa teknologi itu adalah format HDR.

    Seharusnya, tidak mengherankan TV yang memiliki teknologi Dolby Vision sering kali diberi label sebagai “TV HDR 4K dengan Dolby Vision”, sehingga kedua istilah tersebut tidak berhubungan.

    Namun, sebenarnya apakah Dolby Vision itu? Apa bedanya dengan format HDR lainnya?

    Format HDR

    High Dynamic Range atau HDR adalah teknologi yang memungkinkan pembuat film dan pembuat konten menghasilkan video dengan kecerahan yang lebih tinggi, akurasi warna yang lebih baik dan kontras yang lebih baik daripada sebelumnya.

    Meskipun HDR sering digunakan di bioskop berkualitas tinggi, HDR juga menjadi semakin populer untuk tayangan rumah. Saat konten HDR dilihat pada TV berkualitas HDR yang kompetibel, kamu dapat langsung megetahuinya – pengingkatan kualitas gambar secara keseluruhan sangat dramatis, menawarkan sentuhan kualitas sinematik di layar kecil.

    Ada lima format HDR untuk digunakan di rumah. Yang pertama adalah dua format statis dan tiga format dinamis. Dua format statis adalah HDR10, versi yang didukung setiap TV berkemampuan HDR dan HLG versi yang dirancang khusus untuk aplikasi siaran. Statis dalam hal ini berarti bahwa data yang diperlukan untuk menampilkan konten HDR ditentukan satu kali berdasarkan keseluruhan film atau acara TV. Setelah video diputar, informasi itu tidak berubah.

    Tiga format dinamis termasuk Advanced HDR oleh Technicolor dan dua format yang lebih umum dikenal untuk rumah: HDR10+, format bebas lisensi yang dikembangkan sebagian oleh Samsung dan Dolby Vision.

    Tidak seperti format statis, format dinamis dapat beradaptasi saat kamu menonton, meningkatkan atau mengurangi elemen HDR berdasarkan setiap adegan, hingga tingkat detail bingkai demi bingkai.

    Dibutuhkan lebih banyak data untuk melakukan HDR dengan cara ini, tetapi para ahli setuju bahwa format ini mamupu menyesuaikan warna, kontras dan kecerahan untuk setiap adegan dapat berdampak besar pada kualitas HDR.

    Dolby Vision

    Dolby Vision adalah format HDR dinamis dan eksklusif yang dikembangkan oleh Dolby Labs. Dengan menyesuaikan gambar berdasarkan adegan demi adegan. Teknologi ini memungkinakn kamu melihat banyak detail dengan akurasi warna yang lebih baik.

    Teknologi tersebut scara konstan membuat penyesuaian sehingga setiap gambar pada layar dioptimalkan. Namun, ada yang lebih dari itu.

    Selain kemampuan pembuat konten untuk mengubah pengaturan gambar pada tingkat yang terperinci, Dolby Vision mendukung berbagai kemungkinan pengaturan yang jauh lebih luas daripada HDR10 yang lebih konvensional dan statis.

    Misal, HDR mendukung kecerahan gambar maksimum 1.000 nits untuk TV, Dolby Vision memiliki kecerahan maksimum hingga 10.000 nits. Begitu pula pada akurasi warna, HDR10 memungkinkan pembuat konten menentukan warna menggunakan 10 bit data, sedangkan Dolby mendukung hingga 12 bit.

    Dengan 10 bit, kamu dapat memilih di antara 1.024 corak dari setiap warna primer yang memberi kamu lebih dari satu miliar kemungkinan warna. Sementara, 12 bit dapat memberi kamu 4.096 warna dan total lebih dari 68 miliar warna.

    Baca juga, Perbedaan Soundbars dan Speakers

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR