Begini bedanya istilah meeting online dan webinar

1
Video Call

Pandemi Covid-19 mengharuskan paradiva belajar atau bekerja dari rumah menggunakan platform video konferensi. Menariknya, meskipun penggunaan video konferensi di dunia begitu tinggi, ternyata masih banyak yang menganggap bahwa meeting online dengan webinar adalah hal yang sama.

Conference Call

Memang benar, meeting online dan webinar memungkinkan paradiva untuk berinteraksi dengan audiens yang tersebar di seluruh dunia, tetapi jelas keduanya memiliki perbedaan tujuan.

“Hal yang sederhana dan terlihat sepele sebenarnya bisa mempengaruhi persepsi orang lain, seperti meeting online dan webinar, keduanya tentu memiliki kesamaan sebagai fitur dalam video konferensi. Namun perbedaan mereka sangat mendasar dalam fungsi penggunaan sehingga apabila salah pemahaman, tentu bisa merusak konsentrasi dan menimbulkan banyak masalah saat acara video konferensi sedang berlangsung,” ungkap dari Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia.

“Pilih aplikasi sesuai keperluan dan metode komunikasi yang dibutuhkan, bukan hanya berdasarkan harga,” pungkasnya.

Meskipun ada banyak kesamaan dalam bagaimana meeting online dan webinar dilakukan, perbedaan tujuan memisahkan keduanya seperti penjelasan dibawah ini.

Meeting Online

Online meeting adalah untuk melakukan diskusi dan kolaborasi melalui web menggunakan audio, video, dan berbagi layar. Acara ini diselenggarakan oleh host, dan dihadiri oleh peserta yang diundang oleh host.

Meeting Online ditujukan untuk pertemuan dengan sesi yang lebih interaktif seperti layaknya meeting secara offline. Setiap orang dalam rapat dapat mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan dapat melakukan interupsi suara/gambar. Posisi penyelenggara sangat penting untuk mengatur lalu lintas suara dan gambar yang akan muncul.

Meeting online biasanya digunakan untuk kelompok kecil hingga besar dengan peserta
lebih dari 2 orang untuk rapat dengan pelanggan, rapat koordinasi penjualan (sales meeting) dan lain-lain yang sifatnya tertutup.

Webinar

Webinar atau seminar web merupakan sesi informatif yang disiarkan melalui web untuk mengedukasi individu yang tertarik untuk mempelajari subjek tertentu. Penyelenggara webinar membuat webinar dan mempromosikannya di antara audiens target mereka melalui email, media sosial, situs web, dan blog. Orang-orang yang tertarik dapat mendaftar untuk webinar dan menghadirinya pada waktu yang dijadwalkan.

Selama webinar, penyelenggara menyampaikan presentasi kepada audiens. Peserta tetap dalam mode hanya mendengarkan. Mereka dapat mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara menggunakan opsi Tanya Jawab di jendela webinar.

Sementara peserta meeting online dapat aktif berkomunikasi satu sama lain, peserta webinar tidak berkomunikasi di antara mereka sama sekali.

Webinar seperti ruang kuliah virtual atau auditorium. Webinar ideal untuk audiens besar atau acara yang terbuka untuk umum. Biasanya, pengunjung webinar tidak berinteraksi satu sama lain. Meskipun menyediakan opsi untuk dapat bersosialisasi dengan peserta, webinar dapat memiliki lebih dari satu orang yang berbicara kepada audiens.

Webinar biasanya digunakan untuk acara besar dan siaran publik (50+ peserta) seperti edukasi, Talkshow, Seminar, Demonstrasi produk, dan lain-lain yang sifatnya terbuka.

Nah, dengan memahami perbedaan keduanya paradiva yang menggunakan video konferensi dapat melakukan kegiatan tele konferensi lebih terarah dan penggunaannya untuk tujuan yang tepat sehingga dapat lebih produktif saat melakukan kegiatan dari rumah apakah itu untuk belajar atau bekerja.

Baca juga, Begini 5 tips konferensi video di rumah saat WFH


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan