7 Tahun Lagi Manusia Bisa Hidup di Mars

0
Manusia Bisa Hidup Di Mars

Gadgetdiva.id — Elon Musk memberi bocoran tahun untuk manusia mencapai planet Mars. Mungkinkah 7 tahun lagi manusia bisa hidup di Mars?

Memang terdengar mustahil untuk manusia bisa hidup di Mars. Namun, ini berhasil dipatahkan sedikit oleh Elon Musk berkat ambisinya sejak tahun 2016 silam.

Pada tahun 2016, Elon Musk berambisi besar untuk memungkinkan manusia bisa hidup di Mars. Pendiri SpaceX tersebut sempat mengungkap ambisi besarnya untuk mendirikan kota di planet merah tersebut.

Manusia Bisa Hidup Di Mars

Manusia Hidup di Mars Tahun 2029?

Saat itu, ia juga berharap pesawat besutannya dapat segera mendarat di Mars setelah 2024. Oleh karena itu, perusahaannya telah membuat banyak kemajuan dalam membangun roket menuju Mars-nya.

Namun, belum cukup tepat untuk memenuhi timeline yang telah ditentukannya. Hingga, pada tahun 2020, target yang ditepatkan oleh Musk dimundurkan menjadi tahun 2026.

Di hari Rabu (16/3), Musk kembali mengungkapkan targetnya supaya pesawatnya dapat mendarat di Mars setidaknya pada tahun 2029. Hal tersebut membuat kami berspekulasi mungkinkah juga 7 tahun lagi manusia bisa hidup di Mars? Bersamaan dengan mendaratnya pesawat Musk di sana.

manusia bisa hidup di Mar

Jika memang terjadi pada tahun 2029, ini artinya akan menjadi 60 tahun sejak mendarat di bulan pertama pada tahun 1969.

Sementara itu, Starship yang dirancang oleh SpaceX untuk membawa astronot ke bulan untuk NASA dan akhirnya ke Mars telah melakukan beberapa penerbangan ketinggian yang sukses. Namun, belum sampai ke luar angkasa.

Musk sendiri telah membuat keributan selama dua tahun terkahir terkait peraturan peluncuran federal yang memperlambat proses mencapai Mars. Baru-baru ini, bahkan ia melontarkan momok kebangkrutan jika SpaceX tidak dapat memproduksi mesin raptor Starship lebih cepat.

Sebenarnya, tidak mengherankan. Untuk mencapai Mars tentunya membutuhkan perencanaan yang besar.

Saat Mars dan Bumi bergerak mengelilingi matahari, kedua planet bergerak lebih dekat satu sama lain dan kemudian menjauh lagi. Untuk memanfaatkan saat-saat perjalanan antara dua dunia terpendek membutuhkan peluncuran selama beberapa waktu.

Manusia Bisa Hidup Di Mars

Melakukan perjalanan ke Mars yang ideal untuk dekade ini adalah akhir tahun ini, akhir 2024, akhir 2026 dan akhir 2028/awal 2029. Tampaknya ambisi awal Musk terlalu optimis. Jika tanggal targetnya tergelincir lebih jauh lagi ke tahun 2030-an, hal ini kaan lebih seperti perkiraan ketika NASA selalu bertujuan mengirim astronot pertama ke Mars.

Nah, menurut Paradiva sendiri gimana? Mungkinkah 7 tahun lagi manusia bisa hidup di Mars?


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan