Wattpad dibeli Naver dengan harga lebih dari setengah miliar dolar

0
236

Bagi Paradiva yang gemar membaca buku dan fanfiction, pasti sudah tidak asing dengan platform menulis Wattpad. Yap, platform tersebut kini telah dibeli oleh Naver.

Dilansir dari The Verge, sebuah perusahaan web asal Korea Selatan yang bernama Naver telah membeli Wattpad seharga lebih dari $600 juta. Perusahaan tersebut mengumumkannya sendiri kemarin (19/1).

Meskipun detailnya langka, sepertinya Naver sudah melihat Wattpad sebagai pasangan alami dengan salah satu mereknya yang lain, yakni Webtoon.

Webtoon sendiri merupakan portal penerbitan komik online yang juga memungkinkan seniman untuk mengunggah karya mereka sendiri dan juga memunculkan adaptasi TV dan anime.

Wattpad sendiri secara eksplisit menyebut Webtoon dalam siaran persnya. Siaran pers tersebut sebelumnya telah dikeluarkan oleh Webtoon. Berikut adalah cara Webtoon mendeskripsikan pembeliannya terhadap Wattpad:

Dengan dukungan raksasa teknologi Korea, NAVER, WEBTOON dan Wattpad akan berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem yang lebih kuat dan terhubung di seluruh konten cerita visual dan tekstual dengan gabungan basis pembaca lebih dari 160 juta pengguna bulanan di seluruh dunia.

Model monetisasi inovatif Webtoon dan perpustakaan besar Wattpad yang berisi beragam cerita akan memberi afiliasi tuas baru untuk pertumbuhan, menciptakan fondasi yang lebih kuat untuk mendanai generasi muda yang bercita-cita tinggi dengan bakat kreatif.

Salah satu pendiri Wattpad, Allen Lau, menyatakan kepada BetaKit bahwa perusahaannya akan terus beroperasi secara independen.

Naver sendiri adalah mesin pencari populer di Korea Selatan dan bersaing dengan Google dan Facebook dalam hal lain. Yang paling terkenal adalah Line.

Baca juga, Netflix Raih 200 Juta Pelanggan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here