Kudo bantu warung jualan pulsa, XL Axiata paling banyak

0

Diva says – Aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia, Kudo, ternyata telah didirikan sejak 2014. Sebagai startup yang dibuat oleh anak Indonesia murni, warung kelontong pun dibantu untuk melebarkan sayap, termasuk jualan pulsa.

Kudo tidak mau mengkategorikan sebagai start-up e-commerce. mereka menyebut diri sendiri sebagai start-up teknologi karena yang mereka buat bukanlah sebuah toko online.

Dengan menjadi agregator e-commerce yang sudah ada, Kudo menawarkan pengalaman belanja yang jauh lebih mudah dengan pilihan yang jauh lebih luas. Mereka telah mengembangkan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari berjualan pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa juga kirim dan setor uang dan menawarkan berbagai layanan keuangan digital lainya. Selain itu, juga bisa membantu tetangga mendaftarkan dirinya untuk menjadi pengemudi Grab.

Dari berbagai produk dan layanan yang diberikan, pulsa menjadi salah satu produk dengan transaksi terbanyak.  Penggunaan pulsa di kalangan masyarakat, khususnya di daerah, ternyata masih cukup dominan walaupun di lain sisi perkembangan internet sudah semakin pesat. Terlebih lagi, di era digital seperti saat ini, alat komunikasi adalah sebuah kebutuhan utama untuk dapat tetap tersambung dengan orang jauh.

“Kami baru saja mengumumkan bahwa pendapatan XL Axiata secara year on year  tumbuh 11 persen yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen. Dengan menggandeng Kudo sebagai channel distribusi XL Axiata, kami mampu menjangkau kebutuhan pulsa ke lebih banyak masyarakat. Terbukti pada semester satu ­­2019, Kudo menduduki peringkat teratas online channel untuk distribusi pulsa hingga ke daera,.” ujar David Arcelus Oses, Chief Marketing Officer XL Axiata.

Selama ini, jalur distribusi pulsa biasanya dilakukan melalui channel tradisional dan channel modern. Melalui dua channel tersebut, masyarakat semakin dimudahkan untuk membeli pulsa hingga paket data.

Dari aplikasi Kudo sendiri menemukan nominal pembeliannya cukup beragam, dengan transaksi paling banyak untuk pulsa berkisar antara 5.000 hingga 25 ribu. Walaupun nominalnya tergolong kecil, namun intensitas pembeliannya masih cukup tinggi melalui agen Kudo, yaitu rata-rata 5-6 kali dalam satu bulan dari setiap pelanggannya.

Kudo berhasil mengungguli lebih dari 20 online channel XL Axiata.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan