Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Beda JPG dan JPEG, pasti kamu belum tahu deh!

    Beda JPG dan JPEG memang belum banyak orang yang tahu. Biasanya, format ini akan tertera di belakang nama file foto yang ada di dalam komputer atau smartphone kita. Banyak yang bilang kalau format ini sejatinya adalah sama.

    Namun berapa banyak sih orang yang tau beda JPEG dan JPG? Saya sendiri sempat bingung dengan penamaan format file foto seperti ini. Kalau dibaca memang sama, hanya beda huruf E di tengah antara JP dan G.

    Dilansir melalui situs resmi Remo Software, JPEG sendiri merupakan kepanjangan dari Joint Photographic Experts Group. Format ini cukup terkenal dan biasa digunakan dalam hasil foto kamera digital atau perangkat berkamera lainnya, seperti smartphone. Biasanya JPEG digunakan untuk menyimpan atau mentransfer gambar fotografi di internet.

    Nah, file JPEG ini biasanya memiliki ekstensi nama .jpg atau .jpeg. Ini merupakan format kompresi bitmap, biasanya untuk kompresi lossy, yang rasionya berkisar 10:1 sampai 20:1.

    Kompresi rasio ini bisa dimodifikasi, baik dari sisi ukuran file maupun kualitas. Artinya, saat dikompresi, maka barisan piksel yang memadati foto akan dihilangkan. Secara tidak langsung, ini juga akan mengurangi kualitas.

    Untuk urusan ukuran file, JPEG dan JPG cukup kecil karena kisarannya hanya beberapa megabyte. Makanya JPG dan JPEG kerap menjadi favorit website-website di internet.

    Lalu, JPG itu apa? Nah, ini ternyata hanya urusan penamaan saja. Bedanya hanya dijumlah karakter penulisan yang digunakan. Padahal sebenarnya JPG dan JPEG sebenernya sama saja. Merujuk ke format file foto yang sama.

    JPG masih tetap ada karena versi terdahulu dari Windows/DOS system membutuhkan penamaan file ekstensi yang terdiri dari 3 huruf saja. Jadi JPEG dipersingkat lagi menjadi JPG.

    Namun sekarang Windows telah mendukung format penamaan dengan 4 huruf. Jadi kamu bisa membuka file foto dengan ekstensi .jpeg maupun .jpg di Windows. Dan juga tidak ada masalah untuk membuka file foto .jpeg di UNIX maupun Mac.

    Sudah paham kan? Intinya ga ada bedanya JPEG dan JPG. Kamu masih bisa menggunakan keduanya di perangkat mana saja.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR