Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    Lensa kontak canggih, di dalamnya ada Augmented Reality kayak di game Pokemon

    Lensa kontak canggih buatan sebuah startup yang fokus pada ‘komputasi tak terlihat’. Startup tersebut mengklaim telah berhasil menciptakan sebuah lensa kontak yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality (AR). Saat digunakan, akan muncul visual dengan format AR, mirip dengan apa yang dimiliki Tony Stark saat menggunakan topeng Iron Man atau yang ada di game Pokemon.

    Lensa kontak buatan Mojo Vision ini akan menampilkan informasi dan pemberitahuan yang memungkinkan pengguna berinteraksi dan fokus pada titik pandang tertentu. Teknologi visual ini sejatinya telah diciptakan sejak 10 tahun lalu untuk membantu penglihatan manusia.

    “Mojo memiliki visi untuk komputasi yang tak terlihat. Kami ingin pengguna mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa harus takut dibombardir oleh informasi-informasi tersebut, dan tidak perlu kehilangan fokus akibat data yang banyak,” ujar Drew Perkins, CEO Mojo, dikutip dari Japan Today

    Perkins sempat menunjukkan bagaimana lensa kontak canggih itu memungkinkan pengguna untuk melihat teleprompter virtual, instruksi navigasi atau interaksi lain yang tampak mengambang pada bidang penglihatan, seolah memproyeksikan layar mikro-LED ke retina.

    Saat dicoba, seorang pengguna mengenakan dua lensa, yang kemungkinan dilengkapi dengan resep medis untuk mata. Dengan lensa tersebut, pengguna bisa mengklik sebuah ikon yang difokuskannya, kemudian dia bisa memutar musik, bahkan mematikannya.

    Sayangnya, Mojo mengaku tidak memiliki detil kepastian kapan lensa kontak itu akan diluncurkan. Namun mereka mengklaim telah mendapat persetujuan dari badan pengawas obat dan makanan di AS.

    Lensa kontak itu disebutnya sebagai terobosan dan akan diuji lebih lanjut untuk membantu memperbaiki penglihatan seseorang, seperti pasien degenerasi makula atau retinitis pigmentosa.

    “Ini adalah orang-orang yang kurang terlayani oleh teknologi saat ini,” kata Steve Sinclair, wakil presiden senior startup yang berbasis di Saratoga, California.

    Perusahaan mengatakan lensa kontak dirancang untuk memberikan overlay yang menambah pandangan bagi orang-orang dengan penglihatan kurang, dan dapat membantu dalam mobilitas, membaca, dan fungsi lainnya.

    Mojo mengaku telah memiliki modal US$100 juta dan mempekerjakan para eksekutif yang berpengalaman di Google, Apple dan perusahaan-perusahaan Silicon Valley lainnya, termasuk ahli kacamata dan dokter mata,  yang dilibatkan dalam mengerjakan proyek ini.

    Lensa kontak bertujuan untuk memungkinkan orang-orang tak lagi mengandalkan perangkat fisik dan berinteraksi lebih alami dengan teknologi. Tantangannya adalah mengemas sirkuit rumit, sensor gambar, radio nirkabel dan baterai yang diperlukan untuk perangkat yang dapat dipakai.

    Para eksekutif mengatakan versi saat ini akan mengirim dan menerima informasi secara nirkabel melalui kotak relay portabel yang dapat dipasangkan ke ikat pinggang, tetapi mereka berharap dapat terhubung langsung ke smartphone di masa depan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json