Istri Mark Zuckerberg, Priscilla Chan Bikin AI untuk Medis

0
Priscilla Chan

Gadgetdiva.id — Priscilla Chan, istri Mark Zuckerberg akan membesut teknologi AI untuk penelitian di bidang medis. Model ini nantinya akan digunakan untuk mempelajari sel dan penyakit manusia.

Inisiatif ini dituangkan melalui Chan Zuckerberg yang dibesutnya bersama Mark Zuckerberg. Untuk mewujudkannya, mereka akan memanfaatkan sistem komputasi untuk menjalankan model AI yang tersedia secara terbuka.

“Membawa kekuatan AI generatif ke dalam biologi pada skala besar akan memungkinkan para peneliti untuk menasukkan kemajuan teknolgi ini ke dalam pekerjaan mereka, yang mana akan menyembuhkan, mencegah atau mengelola semua penyakit,” ungkap Priscilla yang dikutip dari Reuters, Jumat (22/9).

Model AI ini, lanjut istri Mark Zuckerberg, dapat memprediksi bagaimana sel kekebalan tubuh merespons infeksi, apa yang terjadi di tingkat sel ketika seorang anak lahir dengan penyakit langka atau bahkan bagaiman tubuh pasien akan merespons obat baru.

“Kami berharap upaya kolaboratif ini akan menghasilkan wawasan baru tentang karakteristik dasar sel kita,” imbuh Chan.

Sistem ini akan dilatih berdasarkan kumpulan data dari perangkat lunak CZ Cell x Gene, serta sumber daya dari Chan Zuckerberg Biohub Network dan Chan Zuckerberg Institute for Advanced Biological Imaging. Termasuk juga data yang tersedia untuk umum.

Langkah ini dilakukan ketika Meta secara agresif meluncurkan model bahasa besar atau LLM untuk bisnis. Perusahaan ini merilis model Llama 2 terbarunya pada bulan Juli dan menawarkannya secara gratis untuk bisnis dengan ukuran tertentu.

Pendahulunya, Llama, diluncurkan pada bulan Februari. Dengan kedua model lainnya yang pada awalnya dipamerkan kepada para peneliti.

Zuckerberg mengatakan kepada para investor pada bulan April bahwa Meta dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dari crowdsourcing.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi biaya infrastruktur dan memaksimalkan pembuatan alat baru yang dapat menarik orang ke layanan yang didukung iklan daripada dengan mengenakan biaya untuk akses ke model-modelnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan