Abigail Bailey, Robot AI Perempuan Pertama yang Jadi Asisten Kepala Sekolah di Inggris

0
Abigail Bailey

Gadgetdiva.id — Salah satu sekolah asrama swasta di Inggris mempekerjakan sebuah bot AI sebagai asisten kepala sekolah. Nama robot AI tersebut ialah Abigail Bailey.

Abigail Bailey menjadi asisten kepala sekolah di Cottesmore School, West Sussex. Tugas Abigail ialah membantu kepala sekolah manusia yang juga menjabat di sana.

Kepala sekolah Cottesmore School Tom Rogerson menjelaskan bahwa chatbot tersebut akan memberi saran untuk dirinya dan guru-guru lain dalam berbagai hal. Mulai dari merancang kebijakan sekolah hingga membantu murid dengan kebutuhan tambahan disebut neurodiverse.

Abigail Bailey sejatinya memliki cara kerja yang mirip dengan ChatGPT. Dia dirancang dengan bantuan pengembang AI yang telah dilatih dengan banyak data sehingga dapat memberi respons layaknya manusia. AI Abigail Bailey membawa banyak pengetahuan dalam pembelajaran mesin dan manajemen pendidikan.

Kendati demikian, Tom menyatakan bahwa dirinya akan tetap membutuhkan saran dari manusia. Sebab, terkadang chatbot AI ini memberi jawaban yang kurang tepat maupun akurat.

Abigail Bailey
Foto: Pixabay

Tom menyebut dengan adanya seorang asisten chatbot seperti Abigail ini, dirinya menjadi lebih terbantu. Apalagi, menjadi kepala sekolah adalah pekerjaan yang tak bisa dia bagikan dengan orang lain.

Chatbot AI ini diakuinya juga memberi rasa menenangkan. Sebab, Tom tak perlu menelepon siapapun, mengganggu orang lain dan menunggu jawaban dari mereka saat membutuhkan saran.

“Senang rasanya berpikir bahwa ada seseorang yang sangat terlatih untuk membantu Anda mengambil keputusan,” ungkapnya dikutip dari BBC, Jumat (20/10).

Dengan adanya bantuan chatbot AI ini, tak lantas membuat Tom ingin menyimpannya untuk keperluannya sendiri. Namun, dia ingin agar para sekolah negeri di Inggris juga dapat memiliki akses untuk menggunakannya dan dapat tersedia untuk umum.

Mengetahui cara kerja Abigail Bailey

Abigail Bailey

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Abigail Bailey memiliki cara kerja yang serupa dengan chatGPT lainnya. Para pengguna dapat mengetikkan pertanyaan, kemudian chatbot ini akan menjawab sesuai dengan informasi yang dikumpulkannya dari berbagai sumber.

Cottesmore merupakan sekolah pertama di Inggris yang ingin mengiklankan lowongan pekerjaan sebagai kepala AI awal tahun ini. Para murid yang berusia antara 4 hingga 13 tahun juga telah diberikan chatbot AI masing-masing untuk membantu mereka dalam belajar.

Tom menyebut perekrutan Abigail sebagai asisten kepala sekolah ini merupakan sebuah langkah ke masa depan. Kendati, dia menegaskan bahwa saat ini AI tetap tidak memiliki rencana untuk menggantikan guru atau pendidikan tatap muka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan