E-Wallet Wise Setop Beroperasi di Indonesia

0
Wise

Gadgetdiva.id — Layanan transfer online berbasis e-wallet, Wise, berhenti beroperasi di Indonesia. Layanan tersebut tak akan dapat digunakan kembali mulai tanggal 23 Mei 2024 mendatang.

Berdasarkan laporan dari DailySocial.id, pengguna Wise di Indonesia telah mendapatkan pengumuman terkait penutupan tersebut lewat akun email.  Diketahui bahwa layanan ini ditutup karena belum memiliki lisesnsi dari Bank Indonesia.

Sebab, setiap layanan e-wallet wajib terdaftar sebagai penyedia uang elektronik berbasis server di Bank Indonesia. Lisensi tersebut harus didapatkan supaya layanan dapat menampung dana. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Bank Indonesia No. 20/6/PBI/2018.

“Kami telah menginformasikan kepada pelanggan kami bahwa terdapat perubahan dalam penggunaan Wise di Indonesia. Mulai 23 Mei 2024, pengguna pribadi dan bisnis tidak dapat menggunakan saldo mereka atau bertransaksi dengan kartu debit Wise,” ungkap Manager Wise Indonesia Elian Ciptono saat dihubungi oleh DailySocial.id dikutip Selasa (5/3).

Pengguna Wise di Indonesia, lanjut dia, tetap bisa mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri dan sebaliknya, dengan nilai tukar tengah dan tanpa biaya tersembunyi.

“Kami menyadari bahwa hal ini mengganggu kenyamanan pengguna Wise di Indonesia, namun kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan kembali berbagai layanan yang diminati oleh pengguna Wise di masa mendatang,” kata dia.

Wise sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan remitansi atau pengiriman uang lintas negara. Layanan ini berdiri sejak tahun 2011, teknologi finansial yang diusung dapat membuat transfer uang online secara lebih cepat dan aman dengan biaya 2,5x lebih murah dibanding bank atau lembaga tradisional lainnya yang menyediakan remitansi.

Selain untuk pengguna personal, Wise juga memiliki fitur serupa untuk kebutuhan bisnis. Layanan ini telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara Transfer Dana.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini