Ulang Tahun ke-11, Gojek Hadirkan Inovasi untuk Tiga Layanan Utama

0
237
GoFood
Foto: Gojek

Gojek baru saja berulang tahun yang ke-11 pada 13 Oktober lalu. Platform on-demand ini terus memberikan inovasi terbaru untuk tiga layanan utamanya, yakni transportasi, pesan-antar makanan dan logistik.

Rangkaian inovasi baru yang dilakukan bertujuan untuk membuat Gojek menjadi andalan masyarakat. Dimana saat ini aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali per Juni 2021.

Gojek
Foto: Gojek

Menurut riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memperkirakan bahwa kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) menjadi 1,6% dari PDB Indonesia, atau sekitar Rp 249 triliun di tahun 2021. Kontribusi ekonomi ini meningkat 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

Riset yang sama juga menemukan bahwa mayoritas konsumen Gojek loyal, bahkan 86% pelanggan tetap terus menggunakan layanan Gojek meskipun tanpa promo.

“Sejak Gojek lahir 11 tahun lalu, inovasi sudah menjadi bagian dari DNA kami. Kami terus hadirkan inovasi dan teknologi terbaru guna menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Bahkan di tengah pandemi, kami tidak berhenti menghadirkan solusi untuk membantu masyarakat beradaptasi. Inovasi pada ketiga layanan utama yang kami perkenalkan hari ini pun tidak terlepas dari nilai-nilai tersebut. Kami percaya melalui inovasi, kami bisa terus mempermudah keseharian hidup masyarakat termasuk mendukung jutaan mitra driver dan mitra usaha kami, khususnya pelaku UMKM untuk terus tumbuh meski di tengah pandemi,” ungkap Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek. 

Layanan pesan-antar GoFood bawa pengalaman kuliner terbaik

GoFood memiliki banyak sekali inovasi untuk memastikan pengalaman kuliner terbarik bagi pelangga. Salah satu inovasi terkini GoFood yang digemari masyarakat adalah fitur GoFood PLUS dan Order Sekaligus yang terbukti membuat pelanggan semakin setia dan mengandalkan GoFood.

Kedua fitur tersebut memperkuat posisi GoFood sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan yang value for money. GoFood PLUS merupakan paket berlangganan potongan harga langsung untuk bisa bebas menikamti beragam kuliner nikmat dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim. Fitur ini akan menjadi pelanggan dengan kenaikan jumlah pelanggan GoFood PLUS hampir 5x lipat dari Januari-Juni 2021.

Sementara, fitur Order Sekaligus memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi. Hingga kini, sudah ada 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8x sejak diperkenalkan pada September 2020.

Lebih lanjut, GoFood juga mendukung mitra UMKM untuk bisa semakin maju dengan melengkapi aplikasi untuk mitra usaha, GoBiz dengan fitur inovatif BizTips yang berisi berbagai tips sukses mengelolan bisni secara mandiri. Fitur ini efektif dalam membantu para mitra UMKM kuliner untuk mengelola bisnisnya secara lebih baik dan efisien.

Layanan transportasi Gojek beri pengalaman berkendara yang ramah lingkungan

Setelah sukses dengan pilot project pertama untuk kendaraan listrik motor dan mobil, kali ini Gojek memperluas rencana pemanfaatan kendaraan listrik melalui uji coba komersial. Gojek bekerjasama dengan Pertamina untuk penerapan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro. 

Di tahap ini, Gojek bakal menggunakan 500 unti motor listrik di Jakarta Selatan. Selanjutnya, perusahaan tersebut akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan kendaraan listrik sebanyak satu juta kilometer.

Dalam uji coba komersian tersebut, pengguna setia Gojek dapat memilih layanan kendaraan listrik pada saat menggunakan beragam layanan yang disediakan Gojek. Mulai dari GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop dan GoMart dengan area pick up dan drop off untuk wilayah Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, Gojek juga menyediakan layanan transportasi terbaru lainnya, yakni GoTransit. Layanan ini merupakan kolaborasi antara Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia.

Kolaborasi ini menjadi kerja sama pertama di dunia dalam mengintegrasikan tiket RL dengan layanan transport on-demand seperti GoRida dan GoCar. Integrasi ini akan semakin memudahkan masyarakat berpergian.

Layanan logistik GoSend perluas

Inovasi juga diterapkan pada layanan logistik guna memudahkan konsumen melakukan pengiriman barang dan di saat sama mendukung para pelaku bisnis dan social seller untuk bertahan dan tetap tumbuh di masa pandemi. 

Salah satunya adalah pengembangan GoSend API (integration application interface), yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah. 

“Penguatan dan pengembangan integrasi API GoSend membuat layanan instant dan same day delivery menjadi pilihan pelaku usaha dan pengguna. GoSend API saat ini sudah dimanfaatkan oleh ribuan partner dan jutaan penjual. Data internal kami mencatat jumlah transaksi dari top partners GoSend seperti platform e-commerce, platform telemedik, meningkat 41% pada H1 2021 dibanding 2020. Pada periode yang sama pengguna layanan GoSend oleh UMKM juga naik dua kali lipat,” ungkap Kevin. 

GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu. Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30%, pengguna dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan. 

Baca juga: Gandeng Xiaomi, Gojek Beri Kemudahan Selama Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here