Gandeng dengan Google, Apple Hadirkan Gemini AI untuk iPhone?

    0
    Gemini

    Gadgetdiva.id — Apple disinyalir tengah berdiskusi untuk menggandeng Google. Salah satu tujuannya ialah menghadirkan fitur-fitur dari Gemini AI untuk beberapa perangkatnya, termasuk iPhone.

    Berdasarkan laporan dari Bloomberg yang dikutip oleh Android Police, kedua belah pihak sedang dalam tahap negosiasi aktif. Membahas seputar izin lisensi Gemini untuk mendukung beberapa fitur baru yang akan hadir di software iPhone tahun ini.

    Kolaborasi AI antara Google dan Apple diperkirakan akan mendapat banyak pengawasan dari pihak berwenang. Mengingat kesepakatan penyedia default sebelumnya telah dilakukan untuk Google Search.

    Faktanya, Gemini versi user-facing sendiri telah diluncurkan pada iOS sebagai bagian dari aplikasi Google. Model AI tersebut berfungsi selayaknya ChatGPT yang dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan, membuat konten maupun gambar dan masih banyak lagi.

    Sementara itu, diskusi terkait kemitraan antra Apple dan Google ini kemungkinan akan melibatkan integrasi yang lebih dalam dari model dasar Gemini. Jika kemitraan ini berhasil, maka Apple mungkin akan menjalankan beberapa fiturnya sendiri berbasis Gemini.

    Hal tersebut memberi makna bahwa fitur tersebut merupakan miliknya sendiri bukan milik Google. Fitur-fitur itu ialah edit foto, kemampuan terjemahan yang lebih baik dan rangkuman AI.

    Gemini

    Di sisi lain, kemitraan prospektif ini mungkin merupakan pertanda bahwa upaya AI generatif Apple sendiri tak semaju para pesaingnya. Sehingga, mereka harus bekerja sama dengan Google.

    Sebelumnya, Apple telah bekerja sama dengan Google untuk menghadirkan beberapa aplikasi utama pada iPhone generasi pertama. Di antaranya ialah Youtube dan Google Maps.

    Gemini

    Dalam proses tersebut, Apple malah meluncurkan pesaing Google Maps, yakni Apple Maps. Kendati, banyak yang tak menerimanya dengan baik.

    Apple juga dilaporkan tengah melakukan negosiasi bersama dengan OpenAI untuk kesepakatan yang serupa melibatkan model GPT-nya. Namun, kolaborasi tersebut diperkirakan tak akan tercapai.


    Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

    Tinggalkan Balasan