Bermain-main dengan S Pen Samsung Galaxy Note20

0
s pen samsung galaxy note20

Sejak awal kemunculannya, S Pen sudah identik dengan Samsung Galaxy Note, terutama Galaxy Note20 yang baru saja meluncur. Stylus pengganti sentuhan jari itu menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan lagi dengan Samsung Galaxy Note.

Seiring dengan teknologi yang semakin meningkat, Samsung juga memberikan pembaharuan dan menyematkan banyak fitur di S Pen. Pasalnya, kehadiran S Pen, yang lebih dari hanya sekedar stylus merupakan elemen penting dari perangkat Galaxy Note20 Series. 

Dengan dukungan dari layar dengan 120Hz refresh rate, latency S Pen pada Galaxy Note20 Series telah ditingkatkan hingga 26ms pada perangkat Galaxy Note20, dan 9ms pada perangkat Galaxy Note20 Ultra, semakin memberikan kenyamanan saat mencatat, mengedit foto, maupun mengedit video.

s pen samsung galaxy note20

Berikut ini beberapa fitur yang bisa kamu operasikan dengan S Pen di Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Screen-off Memos

Salah satu yang menarik perhatian kami dengan S Pen ini adalah fitur screen-off memo. Di sini, dipastikan kita tidak akan ketinggalan momen apapun untuk dicatat, dan tak akan lupa. Pasalnya, S Pen bisa membuat catatan apapun dengan mengandalkan layar Galaxy Note20 series yang sedang terkunci. Tak perlu membuka kunci layar dan mencari aplikasi Samsung Notes. Catatan yang ditulis di atas layar yang terkunci itu akan langsung tersimpan ke dalam Samsung Notes.

Screen Write

Pengguna S Pen bisa langsung melakukan corat coret dari konten yang ingin diberikan catatan. Caranya adalah dengan melakukan screen capture konten terlebih dahulu, lalu buka S Pen Annotation tools. Tinggal berikan catatan dengan menggunakan S pen, crop gambar, dan bagikan hasil coretan langsung ke aplikasi pesan instan. Jika dokumennya panjang, gunakan Scroll Capture untuk melakukannya dengan sekali gerakan.

s pen samsung galaxy note20

Annotate PDF

Sama halnya dengan Screen Write, namun Annotate PDF dilakukan untuk mengedit file PDF. Untuk mengedit file PDF, S Pen pun bisa diandalkan. Temukan PDF yang ingin diedit menggunakan Page View, lalu berikan catatan, komentar, dan menaruh gambar dengan mudah dengan menggunakan S Pen.

Write on Calendar

Berbagi agenda meeting ke teman di kantor, bisa juga dilakukan dengan S Pen. Fitur Write on Calendar bisa dilakukan lewat S Pen untuk mencatat agenda meeting bulanan atau mingguan. Bisa juga ditambahkan catatan dan membaginya secara instan. 

Mengubah tulisan tangan

Sudah bukan rahasia jika kita bisa menulis langsung di atas layar dengan S Pen. Tulisan tangan kita bisa langsung diterjemahkan dalam bentuk teks. Tulisan itu pun bisa di salin untuk kemudian dikirim ke email atau diubah ke dalam dokumen Microsoft Word.

Smart Select

Smart Select, yang memungkinkan pengguna untuk memilih teks di website atau dokumen untuk dipotong dan dijadikan gambar. Untuk pertama kalinya, S Pen bisa berfungsi layaknya mouse pada PC. Bisa copy paste teks juga.

Video Editing

Ternyata S Pen juga diakui bisa mengedit video secara cepat dan mudah. Dengan presisi yang dimiliki S Pen, proses pemotongan video klip, penambahan filter, atau suara bisa dengan cepat dilakukan. S Pen juga bisa digunakan untuk mengedit foto, cut dan paste, mengubah foto, atau membagikannya ke orang lain.

Translate

S pen bisa melakukan terjemahan langsung dari web. Tinggal arahkan S Pen ke kata atau kalimat di layar yang ingin diterjemahkan, lalu sentuh icon suara untuk mendengarkan terjemahannya. Ini bisa digunakan saat berjalan-jalan ke negara lain. Bahkan bisa juga menerjemahkan teks pada foto berkat optical character recognition (OCR).

Magnify

Magnify, memungkinkan pengguna memperbesar bagian-bagian layar di Galaxy Note20 hingga 300 persen. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat detail dari sebuah foto atau gambar. Fitur ini akan lebih kelihatan keren saat dipasangkan dengan fitur Space Zoom kamera Galaxy Note20 dengan resolusi 108MP.

Remote Control untuk Presentasi

S Pen juga bisa membantu melakukan presentasi. Berkat Bluetooth Low Energy (BLE), S Pen memiliki kemampuan untuk menggerakkan presentasi dari Samsung Galaxy Note20 dengan jarak 10 meter. Fitur remote control atau kendali jarak jauh ini dimungkinkan berkat teknologi BLE Itu. Jadi S Pen tidak hanya berfungsi sebagai alat tulis tapi juga kendali perangkat dari jarak jauh. 

Terhubung dengan Kamera

Untuk mengatur kamera di Galaxy Note20, bisa juga menggunakan S Pen. Menekan tombol di S Pen sebagai ganti fungsi shutter, atau mengubah posisi dari kamera depan ke kamera belakang. Bisa juga melakukan zoom in dan zoom out hanya dengan melakukan gerakan memutar pada S Pen. Tak hanya itu, merekam video juga bisa dilakukan dengan S Pen. Yang menarik, ada sensor gerak yang baru  di S Pen sehingga kendali terhadap kamera bisa lebih banyak.

Remote Control untuk musik

S Pen juga bisa digunakan sebagai kendali jarak jauh untuk memainkan atau menyetop musik, video dan multimedia lainnya yang ditayangkan melalui Galaxy Note20. Tayangan video atau musik yang diputar, baik melalui YouTube, Netflix atau Spotify, bisa dioperasikan (stop – start) dengan S Pen tanpa perlu menyentuh layar.

AirActions

Fitur ini berfungsi untuk mengubah S Pen sebagai alat navigasi berdasarkan gerakan di Galaxy Note20. Tinggal masuk ke pengaturan, pilih AirActions, lalu konfigurasaikan aksi dan aplikasi berdasarkan keinginan. Beberapa aplikasi dikabarkan sudah mengadopsi AirActions seperti layanan teleconference Bluejeans, yang memungkinkan pengguna untuk mute dan unmute suara dengan satu klik tombol S Pen.

Air Actions bisa diaktifkan melalui menu Pengaturan, lalu masuk ke Fitur Tambahan, kemudian pilih S Pen dan aktifkan Air Actions.

Selamat mencoba!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan