Dengar Musik Gaya Baru, Pakai Buds2 atau Buds Pro?

0
buds

Gadgetdiva.id — Trend penggunaan earphone model True Wireless Stereo (TWS) dikabarkan terus meningkat. Menurut Counterpoint Research, pengapalannya pun sudah mencapai ratusan juta unit. Samsung menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar dengan Buds-nya.

Menurut Counterpoint Research, pada tahun 2021, pasar global tumbuh sebesar 21% dalam periode tahunan (YoY) dalam hal penjualan. Pasar earphone TWS mencapai 300 juta unit dalam hal pengiriman. Hal ini didorong oleh kemajuan earphone TWS beserta fitur-fiturnya. Ini termasuk fitur-fitur seperti ANC (Active Noise Cancellation) dan perpanjangan waktu penggunaan baterai dengan harga yang terjangkau.

Galaxy Buds2
Foto: doc. Samsung

Sebagai salah satu produsen TWS terbesar di dunia, Samsung saat ini memiliki dua jagoan yang mampu menciptakan gaya baru dalam mendengarkan musik. TWS Buds2 dan Buds Pro masih menjadi favorit para penggemar Samsung.

Buds 2

Samsung menyebut, Buds2 telah dibekali dengan berbagai peningkatan dari generasi sebelumnya untuk menghasilkan kualitas suara terbaik. Di antaranya melalui teknologi Active Noise Cancelling (ANC) dan Dynamic two-ways speakers, serta balutan desain comfort fit. Sehingga dapat menjadi solusi untuk menemani setiap aktivitas sepanjang hari dengan pengalaman suara yang immersive.

buds
Galaxy Buds2

Galaxy Buds2 menawarkan berbagai fitur mumpuni yang mampu memaksimalkan kegiatan olahraga pengguna. Bagi yang senang mendengarkan lagu saat berolahraga, Dynamic two-way speaker di Galaxy Buds2 mampu menghasilkan nada tinggi yang jernih serta bass yang dalam. Pengguna dapat merasakan harmoni yang sempurna di setiap lagu yang diputar, memberi pengalaman lebih menyenangkan.

Ada juga fitur Ambient sound mode, di mana pengguna dapat memilih tiga tingkatan level volume suara di sekitar yang ingin didengar. Berkat kemampuannya, Galaxy Buds2 menjadi pendamping yang tepat bagi pengguna dalam melakukan aktivitasnya. Fitur ini membuat pengguna tetap aware dengan lingkungan sekitarnya.

Samsung Galaxy Buds2 diklaim dapat membantu para pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan mobilitasnya di dalam pekerjaan yang dilakukan. Saat konferensi video seperti Zoom Meeting, Galaxy Buds2 tidak hanya memberikan kualitas suara premium, namun juga menjadikan suara pengguna menjadi lebih jelas di telinga lawan bicaranya.  Membuat pengalaman panggilan menjadi lebih baik tanpa ada kesulitan mendengar di kedua belah pihak. Hal ini mungkin berkat sistem tiga mikrofon yang dibekali dengan teknologi Voice Pickup Unit (VPU) yang membuat suara pengguna menjadi lebih nyata terdengar. Selain itu, pengembangan machine learning termutakhir pada wearable ini pun mampu menyaring berbagai jenis gangguan suara di sekitar, membuat suara pengguna menjadi semakin jernih.

Yang menarik, Samsung punya fitur Active Noise Cancelling (ANC). Fitur baru pada Galaxy Buds2 ini diklaim mampu meminimalisir gangguan suara eksternal hingga 98%. Samsung gunakan solusi berbasis machine learning untuk mengenali suara-suara eksternal seperti angin, kendaraan dan lainnya.

Buds Pro

buds
Galaxy Buds Pro

Buds Pro dilengkapi dengan bass yang lebih nendang dan treble lebih kaya, earphone TWS Samsung satu ini punya woofer dan tweeter lebih besar, masing-masing punya diameter 11mm & 6,5mm. Samsung janjikan kualitas audio yang cocok untuk segala genre musik. Tak hanya itu, Galaxy Buds Pro juga didesain sebagai jawara untuk panggilan suara.

Selain punya tiga mikrofon (dua di dalam, satu di luar) di tiap earbud, Samsung juga menambahkan sebuah Voice Pickup Unit (VPU), serta tingkatkan rasio signal-to-noise atau SNR demi minimalisir noise. Ditambah teknologi Wind Shield, pengguna bisa bertelepon dengan sangat jelas di seluruh kondisi, termasuk cuaca berangin sekalipun.

Fitur active noise cancellation (ANC) yang diusung Galaxy Buds Pro juga lebih spesial dari perangkat TWS lainnya. selain bisa mereduksi noise dari luar mencapai 99%, perangkat ini dilengkapi mode Ambient Sound yang ditingkatkan, keraskan suara dari luar sampai 20 desibel. Cocok bagi pengguna yang harus aware dengan suara di sekitarnya, seperti suara anak saat sedang di rumah atau pengumuman transportasi umum.

Tak hanya itu, ANC dan Ambient Sound bisa bekerja secara bersamaan untuk berikan fungsi lain. Saat pengguna sedang berbicara, volume musik otomatis diturunkan, dan suara orang lain dari luar bakal dibuat lebih terdengar, tanpa pengguna harus melakukan pengaturan apapun.

Buds
Galaxy Buds Pro

Dan dengan seamless connection, pengguna bisa sambungkan Galaxy Buds Pro ke beberapa perangkat ekosistem Samsung Galaxy. Semisal, saat digunakan untuk menonton film di Galaxy Tab S7 dan menerima panggilan di Galaxy S21, perangkat bisa otomatis digunakan untuk angkat telepon. Bila sudah, bakal kembali tersambung ke tablet untuk melanjutkan film.

Fitur 360 Audio serupa AirPods Pro juga tersedia lewat teknologi Dolby Head Tracking, serta Game Mode khusus (yang biasanya hanya bisa di perangkat Samsung). Daya tahan baterai totalnya semakin lama, hingga 28 jam. Sekali pemakaian bisa tahan sampai 8 jam, atau 5 jam dengan fitur ANC aktif.

Jadi pilih mana untuk gaya kamu mendengarkan musik?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini